Perkuat Ekosistem IoT, Antares Kolaborasi dengan Everynet


IOT

Ilustrasi IOT

Pemerintah terus mendorong inisiatif revolusi industri 4.0 untuk dapat mengembangkan berbagai potensi bangsa melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya, adalah pemanfaatan teknologi internet of things (IoT).

Maka untuk mendukung perkembangan IoT, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui umbrella brand Leap Telkom Digital (Leap) turut aktif mewujudkan inisiatif tersebut, salah satunya dengan menjalin kolaborasi strategis melalui Antares dengan Everynet yang merupakan perusahaan global sekaligus operator penyedia Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Melalui kerja sama Antares dan Everynet, banyak perusahaan di Indonesia yang nantinya dapat menikmati manfaat dari IoT melalui jaringan LoRaWAN nasional untuk berbagai kebutuhan. LoRaWAN juga berperan untuk membuka jaringan bagi area telekomunikasi nirkabel yang menyuguhkan komunikasi jarak jauh dengan latensi rendah.

Direktur Digital Bisnis Telkom Muhammad Fajrin Rasyid menjelaskan, bahwa pemanfaatan IoT akan memberikan kemudahan dalam proses konektivitas sebagai komponen utama yang membantu perangkat untuk dapat terhubung dengan jaringan yang ditentukan. Pemanfaatan IoT dapat membuat koneksi beroperasi lebih cepat dan praktis tanpa menggunakan kabel.

“IoT menggunakan teknologi cerdas, yang memastikan koneksi jaringan dan perangkat berjalan dengan lancar. Tentunya ini membuat pekerjaan apapun menjadi mudah. Tanpa hubungan jaringan konektivitas tersebut, IoT tidak akan bisa berfungsi dengan baik,” kata Fajrin dalam keterangannya, melansir dari Suara.com, Senin (26/9/2022).

Menyediakan solusi IoT end-to-end dengan biaya terjangkau, kolaborasi antara Antares dan Everynet menghadirkan jaringan yang telah berkembang dengan pesat. Cakupan dari jaringannya pun hingga saat ini telah mencapai 219 kota, mewakili 47% dari PDB negara dan akan terus diperluas ke tempat-tempat baru yang memiliki potensi.

Sementara CEO Everynet Lawrence Latham menyampaikan, bahwa kemitraan yang terjalin antara Antares dan Everynet merupakan hal yang positif, karena berkat peran sentral Telkom di pasar telekomunikasi Indonesia, banyak perusahaan lokal yang sudah menikmati jaringan LoRaWAN sebagai koneksi yang andal, aman, hemat biaya, dan masa pakai yang lama sehingga mampu menghubungkan miliaran perangkat ke cloud.

Selain itu, penggunaan jaringan IoT yang masif juga dapat menjadi inisiatif berkelanjutan. Menurut Lawrence, IoT dapat dimanfaatkan untuk sistem peringatan dini bencana, seperti banjir ataupun kebakaran hutan, dengan harapan mampu meminimalisir kerusakan dan melindungi lingkungan.

“Kami berharap dapat memberikan solusi yang bermanfaat ke lebih banyak organisasi di seluruh Indonesia untuk mendorong transformasi digital dan keberlanjutan,” tegas Lawrence.

Pasar IoT Indonesia sendiri diperkirakan ke depannya masih akan terus berkembang dan menjadi salah satu ekosistem dengan potensi besar di Indonesia. Oleh karena itu, Telkom berencana untuk mengembangkan Center of Excellence guna mendukung penelitian dan pengembangan IoT di Indonesia, serta membuka kolaborasi yang dapat memperkuat pasar IoT Indonesia.

Antares sendiri merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom yang mendukung akselerasi digital masyarakat Indonesia. Leap diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia, demi terwujudnya kedaulatan digital nasional yang sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.


Bagikan artikel ini