Dukung Kebutuhan RS, Aplikasi Berbasis AI Meditech+ Resmi Rilis


Layanan Kesehatan Digital

Layanan Kesehatan Digital

PT Meditech Limasindo Plus yang merupakan perusahaan teknologi kreatif untuk aplikasi khusus berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan secara resmi merilis Meditech+. Aplikasi ini pun hadir untuk mendukung industri kesehatan, khususnya untuk kebutuhan rumah sakit.

CEO PT Meditech Limasindo Plus Renville Rizanul mengungkapkan, bahwa Meditech+ merupakan aplikasi berbasis teknologi AI yang dikembangkan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kebutuhan seluruh penyedia layanan kesehatan.

Meditech+ sendiri menawarkan solusi berbasis AI berupa pelayanan bagi pasien, dan mendukung dokter di berbagai rumah sakit untuk dapat memberikan penanganan yang presisi bagi pasien.

Kemajuan teknologi AI sendiri kini dinilai telah menjadi solusi atas persoalan sistem kesehatan yang ada di rumah sakit di Indonesia. Persoalan tersebut mulai dari tahap diagnosis, rekomendasi pengobatan, hingga mengukur keberhasilan pengobatan pada pasien.

“Selain untuk mempermudah kinerja rumah sakit, dokter, dan spesialis dalam menangani pasien secara presisi, teknologi yang dikembangkan dalam aplikasi ini juga akan membuat waktu tunggu dan konsultasi seorang pasien kepada dokter menjadi lebih efektif, karena dokter tersebut sudah memiliki data pendukung untuk mengembangkan diagnosisnya,” kata Renville dalam siaran pers yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Renville melanjutkan, bahwa sistem kesehatan pun saat ini memang tengah menghadapi tantangan yang lebih besar terkait dengan permintaan peningkatan pelayanan, biaya kesehatan, dan sumber daya manusia (SDM).

Radjak Hospital yang sebelumnya lebih dikenal sebagai RS MH Thamrin akan menjadi mitra pertama untuk penggunaan aplikasi Meditech+ di enam jaringan rumah sakitnya, antara lain adalah di Salemba, Cikarang, Cibitung, Purwakarta, Cileungsi, dan Cengkareng.

“Radjak Hospital memiliki visi dan misi yang sama dengan PT Meditech Limasindo Plus, yang antara lain adalah memberikan pelayanan yang optimal bagi pasien,” tutur Head of Corporate Secretary Radjak Group, Ratu A. Handayani.

Meditech+ kemudian diharapkan dapat mendukung kebutuhan industri kesehatan, utamanya rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Selain itu, juga menjawab tantangan akan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.


Bagikan artikel ini