Armada Trans Padang Manfaatkan Teknologi Internet of Things Untuk Meminimalisir Kecelakaan Lalu Lintas


IOT

Ilustrasi IOT

Kini armada Trans Padang makin komplet dengan penyematan perangkat canggih atau TAM Fleet. Peranti ini membantu meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Peluncuran Koridor V Trans Padang rute Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol - Indarung tersebut berlangsung di GSG PT Semen Padang, Jumat (8/7/2022). Acara dihadiri Presiden Direktur TKDN, David Santoso, Walikota Padang, Hendri Septa, Kadishub Kota Padang, Yudi Indra Sani dan Plt. Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert.

TKDN bersama dengan Operator BUMD PSM melakukan kerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang, beberapa alat IoT diantaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox.

Kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama selama 1 tahun untuk perangkat IoT TAM Fleet dan termasuk layanan platform fleet management system untuk pengawasan dan dashboard laporan perjalanan armada.

"PT TKDN bekerjasama dengan operator Trans Padang untuk alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi yang terbukti meningkatkan keselamatan armada," ujar Presiden Direktur TKDN, David Santoso.

Melansir dari Otosia.com, Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan dan Rp 3.000 untuk umum atau orang dewasa.

"Koridor V ini telah disediakan 10 unit bus Trans Padang, dan akan terus kami tambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik," ujar Hendri Septa, Walikota Padang.

Sementara itu baru-baru ini PT TKDN telah melakukan kerjasama dengan Perum PPD. "Sesuai komitmen kami, akan terus fokus dan mendorong dunia transportasi lebih baik kedepannya dengan membawakan teknologi terkini khususnya di transportasi darat," tutup David Santoso.

Didirikan tahun 2016 lalu, TKDN hadir untuk memberikan solusi sistem layanan untuk transportasi dan armada dengan menggabungkan teknologi terbaru untuk sektor transportasi, dan mendukung Smart City.

Solusi/layanan yang ditawarkan adalah Software as a Service, Transport Payment Solutions, IoT and Telematics Smart Bus (TAM Fleet), dan Business Process Outsourcing (BPO).


Bagikan artikel ini