Canggiih! Asian Games 2022 Bakal gunakan Cloud Computing


Asian Games 2022 Logo

Ilustrasi Logo Asian Games 2022

Alibaba Group telah resmi menjadi mitra Asian Games. Asian Games 2022 merupakan pesta olahraga yang diikuti oleh seluruh negara di Asia itu yang akan diselenggarakan di Hangzhou, China. Asian Games mendatang akan menggunakan sistem komputasi awan (cloud computing).

Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan pada Selasa, 10 Desember 2019 yang dilakukan oleh kedua pihak dengan Blockchain Trusted Depository Techonology yang dikembangkan dan dihadirkan Ant Financial di kantor pusat Alibaba di Hangzhou. Perjanjian tersebut menyatakan bahwa Asian Games mendatang menggunakan sistem komputasi awan (cloud computing).

"Sebagai perusahaan yang lahir di kota Hangzhou, Alibaba Group sangat bangga bisa mendukung Asian Games Hangzhou 2022 sebagai mitra resminya dan," kata CEO Alibaba Group dan Executive Chairman, Daniel Zhang.

Alibaba Cloud akan digunakan untuk mendapatkan hasil dari turnamen secara real time serta membantu pengelolaan saat di lokasi dengan berbagai teknologi yang ditawarkan.

Selain itu, akan dirilis pula flagship store untuk souvenir lisensi Asian Games di beberapa platform e-commerce seperti Lazada dan taobao, marketplace online B2C, dan juga Tmall.

"Kami akan mendukung Asian Games dengan teknologi dan layanan-layanan konsumen dari seluruh digital ekonomi Alibaba, serta menghadirkan inisiatif ramah lingkungan untuk menyuguhkan pengalaman inovatif dan tak terlupakan," jelas CEO Alibaba Group dan Executive Chairman, Daniel Zhang.

Penyelenggaraan acara juga dilakukan lebih ramah lingkungan karena kedua pihak akan berinteraksi dengan penduduk melalui "Ant Forest" dengan pembayaran menggunakan Alipay, pembayaran digital untuk mendapatkan point "Green Energy" dari gaya hidup yang ramah lingkungan. Point yang didapat tersebut dapat ditukar dengan point untuk menanam pohon di wilayah tandus di China.

Alibaba mengatakan, tengah mengembangkan mini-program di Alipay untuk mempermudah pengalaman para penonton Asian Games, termasuk pembelian tiket menonton pertandingan, makan, dan rekomendasi rute transportasi, saat mereka mengunjungi satu lokasi ke lokasi lainnya di enam tempat di provinsi Zhejiang.