Astuti Mobile Command, Mobil Multi Fungsi Berbasis AI Milik Polres Bojonegoro


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

Astuti Mobile Command, Mobil Multi Fungsi Berbasis AI Milik Polres Bojonegoro

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia membuat peluncuran terbaru terkait mobil patroli menjadi mobil multi fungsi, yang diberi nama Astuti Mobile Command Center. Peluncuran Astuti Mobile Command Center dilaksanakan di halaman Mapolres Bojonegoro, Rabu (30/11).

Kapolres AKBP EG Pandia mengungkapkan Astuti Mobile Command Center merupakan Mobile Command Center yang memiliki multi fungsi sebagai pusat monitoring, komunikasi, koordinasi, komando pengendalian personel dan informasi dalam bentuk kendaraan mobil yang dapat dipindah setiap saat dan kapan saja sehingga sangat fleksibel dan dinamis untuk memudahkan operasional di lapangan.

Astuti Mobile Command Center juga dapat menyimpan dan memberikan data atau informasi seputar kegiatan Polres Bojonegoro yang berhubungan dengan kebutuhan serta segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Bojonegoro.

“Astuti Mobile Command Center ini untuk memudahkan komunikasi, monitoring, koordinasi, komando pengendalian personel saat di lapangan. Mobil ini bisa berpindah tempat menyesuaikan dengan kegiatan dan mudah di operasionalkan,” ujar Kapolres dikutip dari Beritabojonegoro.

Menurut AKBP Pandia bahwa Astuti MCC dilengkapi pula dengan kemampuan artificial intelligence untuk mendeteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker dari PTZ CCTV, serta sebagai pusat komando dan pengendalian mobil.

Mobil multi fungsi milik Polres Bojonegoro ini juga dilengkapi perangkat elektronik tactical map game yang dapat digunakan untuk kegiatan portable zoom meeting, dan pengendali robot yang dimiliki oleh Polres Bojonegoro yaitu Robot Bojonegoro Tangguh (BOBOTA) serta drone yang berfungsi untuk pemantauan langsung dari udara.

Dengan adanya mobil Astuti Command Center ini Kapolres Bojonegoro mengharapkan adanya dukungan dan kerja sama untuk memudahkan antara masyarakat dan kepolisian, untuk melaporkan situasi keamanan atau jika terjadi suatu peristiwa, seperti tindak kejahatan, kebakaran, kecelakaan dan lainnya.