AWS Active Bantu Perkembangan Startup dengan Teknologi Cloud


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Teknologi cloud dan machine learning AWS Activate bantu perkembangan perusahaan start-up di bidang clean tech.

“Berkat teknologi cloud dan machine learning AWS, kami dimampukan untuk merambah operasional baru dan meningkatkan skalanya dengan kecepatan tinggi,” ungkap Ernest Christian Layman selaku Co-Founder & CEO Rekosistem saat diskusi daring, Senin (25/4).

Didirikan pada tahun 2021, Rekosistem menyediakan platform untuk mengumpulkan dan mengolah data yang berguna bagi proses daur ulang. Dengan data ini, Rekosistem dapat menghubungkan jenis limbah dengan tempat pengelolaan limbah yang ideal hingga 20% lebih efisien.

Ernest mengatakan bahwa kehadiran teknologi memudahkan Rekosistem untuk menjawab kebutuhan baru ini. Menurutnya berkat teknologi cloud dan machine learning AWS, perusahaannya mampu untuk merambah operasional baru dan meningkatkan skalanya dengan kecepatan tinggi.

“Karena Rekosistem terdaftar di program AWS Activate, kami juga tidak terlalu memusingkan biaya dan dapat berinvestasi pada talenta-talenta dan SDM mumpuni bagi kelangsungan perusahaan,” tambahnya.

Di sisi lain, Nathan Roestandy selaku Co-Founder & CEO Nafas berpendapat bahwa dengan menggunakan pihaknya dapat lebih cepat menyelesaikan perangkat keras Nafas.

Dalam kesempatan sama, startup Nafas yang didirikan oleh Nathan Roestandy menilai pemanfaatan layanan cloud telah memberi peluang bagi startup clean-tech. Dengan solusi yang dihadirkan Nafas, dalam menyediakan solusi monitoring kualitas udara, juga membuka peluang dengan mengolah data yang dapat dianalisis lebih lanjut oleh pihak asuransi maupun penyedia layanan kesehatan.

“Tanpa AWS, kami mungkin saja membutuhkan 8-12 bulan tambahan untuk menyelesaikan perangkat keras Nafas, yang proses manufakturnya terdisrupsi akibat pandemi. Solusi AWS IoT juga memampukan kami untuk mengumpulkan dan menganalisis lebih dari 5,5 juta datapoints, termasuk jenis gas, partikel di udara, dan lainnya dalam jarak lebih dari 220 kilometer,” kata Nathan.

AWS Activate merupakan inisiatif AWS khusus perusahaan startup. Sejak 2013, ratusan ribu startup di seluruh dunia telah menerima berbagai manfaat dari program AWS Activate, termasuk credits AWS, dukungan teknis, dan pelatihan.


Bagikan artikel ini