Huawei Hadirkan Solusi Perkeretaapian Cerdas Berbasis AI


Huawei

Huawei

Penyedia solusi TIK terkemuka di dunia, Huawei memamerkan rangkaian solusi perkeretaapian cerdas masa depan dalam Asia Pacific Rail 2023, sebuah gelaran industri perkeretaapian paling berpengaruh di kawasan Asia Pasifik. Dalam ajang tersebut, Huawei menyandang status sebagai Sponsor Berlian. 

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kereta api mengalami transformasi digital yang pesat. Di sinilah Huawei berkomitmen untuk mendorong aspek keamanan dan efisiensi dalam operasional dan pemeliharaan kereta api dengan memanfaatkan solusi TIK terbarunya.

Berbekal teknologi digital canggih seperti Pengambilan dan Analisis Data, Sistem Otonom, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI), Pembelajaran Mesin (Machine Learning atau ML), FRMCS, MSN, Jaringan Stasiun, Penyimpanan, dan IoT, Huawei ingin mentransformasi cara pengelolaan, penggunaan, dan perancangan sistem transportasi, khususnya kereta api.

"Stasiun pintar adalah sebuah solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman penumpang dan efisiensi operasional, mampu mengkonsolidasikan seluruh data dan informasi yang terkumpul dari berbagai aplikasi di stasiun. Sebagai fondasi dari sistem stasiun pintar ini, kami menggunakan infrastruktur TIK baru. Kita perlu menggantikan sistem TIK lawas termasuk server, sistem penyimpanan dan jaringan, bahkan data dan lain-lain, dengan platform digital berbasis cloud," tegas Steven Xiong, CTO of Rail Industry, Huawei Enterprise BG seperti dilansir Info Komputer, Senin.

Pada kesempatan yang sama, Jackie Miao, Director of Huawei Asia Pasific Enterprise Transportation Account Department, menyebutkan bahwa sistem perkeretaapia saat ini masih beroperasi menggunakan jaringan nirkabel bandwidth sempit, seperti GSM-R atau Tetra Radio untuk pemberangkatan kereta dan pengiriman sinyal rel. Padahal teknologi tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak dapat mendukung system perkeretaapian cerdas.

"FRMCS adalah jaringan komunikasi nirkabel baru untuk perkeretaapian, memanfaatkan teknologi 4G yang berasal dari penyedia layanan telekomunikasi untuk menyediakan konektivitas kereta api ke darat yang sangat andal dan dengan bandwidth tinggi," jelas Jackie.

Tak dimungkiri, jaringan kereta api modern menuntut keamanan tinggi, bandwidth tinggi dan otomatisasi yang cerdas. Di sinilah inovasi Huawei memungkinkan penerapan peningkatan tersebut dengan lancar dan mudah.


Bagikan artikel ini