Big Data LabMu Milik Muhammadiyah Resmi Beroperasi


Big Data New

Big Data

Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa laboratorium software terbaru mereka, LabMu (Muhammadiyah Software Labs), telah sukses beroperasi. LabMu, yang dikembangkan sebagai respons terhadap arus digitalisasi dan sebagai langkah konkrit sesuai amanat Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta, memiliki misi untuk mengelola big data dan mendigitalisasi jaringan organisasi Muhammadiyah.

Ketua MPI PP Muhammadiyah, Muchlas MT, menjelaskan bahwa LabMu menjadi salah satu gebrakan organisasi tersebut untuk memperluas sistem digitalisasi dengan cara yang terbuka (open source). Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran data yang lebih efektif, mempercepat proses transformasi digital, dan mengintegrasikan sistem serta aplikasi dalam lingkup Muhammadiyah.

"LabMu adalah salah satu laboratorium software yang dikelola Muhammadiyah. Sebagai sarana pengembangan aplikasi bagi Muhammadiyah, ini merupakan unit baru dalam struktur organisasi kami," ungkap Muchlas MT dalam keterangannya di Unimus pada Jumat (10 Novemer 2023).

Menurut Muchlas, LabMu tidak hanya terbuka bagi anggota Muhammadiyah, namun juga mengundang kader, warga Persyarikatan, dan masyarakat umum yang tertarik untuk berkontribusi dalam menyempurnakan sistem LabMu. Untuk mendukung kolaborasi ini, MPI PP Muhammadiyah mengajak pimpinan MPI di setiap daerah untuk menggerakkan partisipasi warga Muhammadiyah dan non-Muhammadiyah.

"Kami ajak para pimpinan MPI setiap daerah untuk menggerakan warga Muhammadiyah dan non Muhammadiyah, semua simpatisan Muhammadiyah yang hobi bisnis untuk bergabung dengan komunitas open source. Nanti di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan diadakan pertemuan developer," jelasnya.

Lebih lanjut, Muchlas menjelaskan bahwa keseriusan MPI dalam memajukan LabMu terlihat melalui pendirian badan hukum resmi yang dinamakan PT Grama Inovasi Teknologi. Badan ini akan menjadi kendaraan hukum untuk mengelola LabMu dan proyek-proyek terkait.

" Spiritnya ikhlas yang total. Jadinya kami rekrut pegawai yang dipekerjakan di PT ini dan digaji. Salah satu project yang sudah diambil alih yaitu MPKU. Ini untuk kelola big data dan digitalisasi Muhammadiyah. Kita juga sudah bangun data center di kampus UAD," tambah Rektor UAD Yogyakarta.

Dengan beroperasinya LabMu, harapannya adalah Muhammadiyah dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mewujudkan transformasi digital yang komprehensif bagi organisasi dan anggotanya.


Bagikan artikel ini