Biznet Gio Hadirkan Platform Cloud Pertama Dengan Fitur AI dan ML


Biznet Gio

Biznet Gio

Melalui kerja sama dengan PT Rekayasa Kecerdasan Buatan atau dikenal sebagai Riset.ai dan Volantis Technology,Biznet Gio meluncurkan platform cloud berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)dan pembelajaran mesin (Machine Learning/ML).

CEO Biznet Gio Dondy Bappedyanto mengungkapkan, kedua perusahaan tersebut digandeng pihaknya untuk menghadirkan platform cloud pertama di Indonesia yang mengedepankan fitur AI dan ML siap pakai.

"Aplikasi berbasis AI dan ML dapat menghasilkan business intelligence yang sangat cepat, otomatisasi layanan, meningkatkan user experience, serta mendorong transformasi bisnis baik untuk layanan publik, kesehatan, pendidikan hingga pemerintahan,” kata Dondy dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Dondy menjelaskan, platform cloud berbasis kecerdasan buatan yang dihadirkan melalui kerja sama Riset.ai dan Volatis Technology, memiliki kemampuan untuk mengotentikasi jenis wajah, pelat mobil, hingga jenis objek lain yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan absensi, otomasi parkir, hingga sistem quality control pada manufaktur.

"Salah satu keunggulan fungsi pengenalan wajah dari platform ini bahkan mampu mengotentikasi wajah dalam keadaan menggunakan masker,” jelasnya.

Menurut Dondy, platform ini merupakan layanan pertama di Indonesia untuk mendukung para pengembang sistem dan aplikasi menciptakan solusi AI dan ML secara independen tanpa perlu terikat kepada salah satu merek perangkat tertentu.

Penggunaan platform pengenalan wajah dan objek ini mampu menghadirkan berbagai solusi, diantaranya otomatisasi absensi karyawan, fungsi identifikasi nasabah atau KYC (know your customer), aplikasi toko tanpa personel, ataupun kebutuhan penerapan verifikasi wilayah dengan protokol keamanan dan kesehatan.

"Terlebih lagi platform pengenalan wajah yang ditawarkan memiliki integrasi langsung dengan aplikasi PeduliLindungi dan mampu menyajikan informasi status vaksinasi secara cepat,” tandasnya.

Dondy menambahkan, melalui kolaborasi bersama Riset.ai dan Volantis Technology, Biznet Gio akan terus mendorong pengembangan teknologi AI dan ML di Indonesia dengan dukungan infrastruktur cloud yang lebih canggih salah satunya dengan menghadirkan GPU (Graphic Processing Unit) yang sudah digunakan pada peluncuran platform ini.

Platform AI dan ML dengan dukungan GPU akan memiliki kemampuan komputasi yang lebih unggul dengan kemampuan 36 kali komputasi lebih cepat dibandingkan CPU (Central Processing Unit) biasanya.

"Ke depannya kami terus membuka peluang kerja sama untuk mendorong para pengembang sistem dan aplikasi dalam memaksimalkan solusi layanan berbasis AI/ML sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah untuk mendukung otomatisasi dan produktivitas di berbagai sektor industri. Kami yakin dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dalam hal pengembangan teknologi AI/ML, maka percepatan transformasi digital di Indonesia akan semakin tinggi,” tutup Dondy.

CTO Volantis Technology Muhammad Habib Rosyad mengatakan, kebutuhan akan pemanfaatan big data yang tepat dan efisien sangat diperlukan untuk mendorong inovasi dan pengambilan keputusan di berbagai sektor bahkan kalangan individual profesional.

"Saat ini kebutuhan untuk pemanfaatan big data semakin meningkat selaras dengan semakin tingginya minat dan pengetahuan publik tentang teknologi AI/ML untuk menunjang kehidupan dan inovasi bisnis. Banyak hal yang bisa dikembangkan dari keduanya, salah satunya adalah smart city,” ungkap Muhammad Habib Rosyad.


Bagikan artikel ini