BPPT Bangun Virtualisasi Big Data untuk Manajemen Data


Big Data

Ilustrasi Big Data

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah membangun platform Big Data untuk optimalisasi manajemen data di Indonesia.

“Big data sekarang ini menjadi suatu keharusan. Sedemikian banyaknya informasi dan data yang berserakan, yang mana big data ini bisa dimanfaatkan untuk pengelolaannya,” ujar Pelaksana tugas Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Irwan Rawal Husdi dalam Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi 2021, yang dikutip dari Antara news, Rabu (10/3).

Pengembangan Big data nasional diperlukan dalam rangka meningkatkan kemandirian bangsa Indonesia dan memanfaatkan data-data elektronik yang terkumpul di Indonesia akibat adanya transformasi digital dalam kehidupan yang mencerminkan kondisi sosial, ekonomi, dan politik masyarakat.

Pada 2021, ditargetkan terbentuk prototipe virtualisasi big data berbasis distributed object storage. Irwan menjelaskan bahwa pada tahun 2021 akhir diharapkan sudah terbangun platform big data dan akan disempurnakan hingga tahun 2024.

Pembuatan big data nasional menjadi salah satu prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024. Kegiatan PRN menargetkan tersedianya platform uji coba dan pengembangan sistem big data, tersedianya jumlah produk inovasi teknologi big data yang termanfaatkan dan terlindungi dalam ragam hak kekayaan intelektual, dan tersedianya jurnal maupun proceeding nasional atau internasional.

Irwan menambahkan akan dipetakan wali data yang bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pengelolaan data sehingga menjamin keakuratan data yang akan dikelola dan tidak terjadi duplikasi data. Hal ini berpengaruh pada efisensi penggunaan dana karena membangun infrastruktur big data yang memerlukan banyak biaya.


Bagikan artikel ini