Blockchain dan Cloud Computing Jadi Keterampilan Paling Diminati


Cloud Computing

Cloud Computing

Platform online untuk belajar dan mengajar berbagai keterampilan ahli baru saja merilis Udemy Workplace Learning Index untuk kuartal pertama 2022. Indeks ini pun menunjukkan kursus atau pelatihan online di bidang teknologi serta power skill yang paling populer dan diminati oleh para pembelajar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut pengamatan Udemy, sejauh di tahun 2022 ini kursus terdesentralisasi blockchain merupakan kursus yang paling diminati oleh para pembelajar di seluruh dunia. Keterampilan teknologi terkait blockchain seperti DApp dan Binance mengalami peningkatan akses sebesar lebih dari 450 persen, dibandingkan dengan kuartal keempat pada tahun 2021 lalu.

Laporan Udemy kemudian juga menyoroti tren dari berbagai negara dalam pelatihan untuk karyawan, termasuk keterampilan teratas yang meningkat secara tajam di Indonesia. Laporan menunjukkan bahwa penggunaan atau konsumsi kursus mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut seperti 168 persen untuk React, 145 persen untuk AWS Certified Cloud Practitioner, SQL 141 persen, AWS Certification 136 persen, dan Linux sebesar 97 persen. Jumlah tersebut menunjukkan minat tinggi dalam kursus di bidang teknologi.

AWS Certification sendiri memvalidasi keahlian cloud untuk dapat membantu para profesional menyoroti kemampuan sesuai dengan permintaan dan organisasi dalam membangun tim yang efektif serta inovatif. Hal ini untuk mendukung inisiatif cloud menggunakan AWS.

Hampir semua keahlian yang diminati tersebut berkaitan dengan teknologi cloud computing atau komputasi awan. Teknologi cloud computing ini pun hadir untuk dapat memudahkan pekerjaan manusia, terutama perusahaan yang saat ini pasti terkoneksi dengan internet.

“Selama beberapa tahun ke belakang, industri teknologi di Indonesia terus bertumbuh secara eksponensial. Hal ini semakin diakselerasi dengan adanya ekosistem startup yang dinamis serta ekonomi digital yang bertumbuh dengan cepat di negara ini. Itulah pentingnya melakukan reskill dan upskill tenaga kerja di Indonesia,” kata Head of Indonesia Market Udemy, Giri Suhardi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/5/2022).

Giri kemudian menambahkan, menurut laporan Udemy Global Workplace Learning Index terbaru, saat ini semakin banyak organisasi perusahaan Indonesia yang memahami pentingnya untuk menguasai berbagai keterampilan di sektor teknologi agar dapat terus mengikuti perkembangan dunia.

Keterampilan lain yang relevan menurut laporan adalah cloud computing dan big data, yang menjadi prioritas bagi perusahaan di Indonesia. Hal ini pun sesuai dengan laporan indeks mengenai peningkatan kursus untuk topik seperti AWS, SQL, dan React yang sangat tinggi.

Udemy Workplace Learning Index sendiri disusun berdasarkan data yang diambil dari kebiasaan belajar karyawan dari ribuan perusahaan di seluruh dunia yang memanfaatkan platform Udemy Business. Laporan lebih lengkap mengenai indeks dapat diunduh di sini.


Bagikan artikel ini