Alibaba Cloud: Cloud Computing Bisa Jadi Masa Depan Komputasi


Cloud Computing

Cloud Computing

Ruang penyimpanan data saat ini telah menjadi bagian penting dalam perkembangan perusahaan, mendukung produktivitas dan performa bisnis. Namun investasi untuk ruang penyimpanan ini masih terbilang mahal, dan banyak diklaim kurang efisien.

Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang kemudian melakukan migrasi ke cloud computing atau komputasi awan untuk penyimpanan data. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas tertentu sesuai kebutuhan perusahaan, tanpa perlu tambahan hardware, software, atau pun pemeliharaan sistem penyimpanan.

Head of Channel Business Alibaba Cloud Indonesia Dr. Anthonius Hutabarat mengatakan, bahwa teknologi komputasi awan atau cloud computing ini bisa menjadi masa depan untuk komputasi di Indonesia.

Hal ini dikarenakan sistem serta mekanisme dari cloud computing tidak memerlukan investasi yang besar untuk membangun infrastruktur sumber daya teknologi informasi, seperti software, processing power, penyimpanan, dan lainnya.

“Kita dapat memperoleh layanan teknis ini melalui sewa sesuai dengan permintaan dan bayar per penggunaan,” jelas Anthonius dalam sambutannya di acara ‘Start Digitization and More Secure with Alibaba Cloud’ beberapa waktu lalu, melansir dari Liputan6.com, Rabu (9/11/2022).

Menurut Anthonius, perusahaan atau organisasi yang berbasis IT saat ini perlu menggunakan, memelihara, serta mengamankan sistem mereka. Namun kemudian, mayoritas perusahaan dan organisasi tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membeli sistem yang dapat memenuhi kebutuhan mereka akan ketiga hal tersebut.

Teknologi cloud kemudian menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Perusahaan kemudian tidak perlu lagi khawatir mengenai kompleksitas teknologi yang ada, dan perlindungan sistem informasi perusahaan dapat berlangsung secara maksimal.

“Penyedia layanan bertanggung jawab untuk melindungi sistem informasi mereka dan memperbarui teknologi atau aplikasi yang digunakan,” pungkas Anthonius.


Bagikan artikel ini