Cloud Gaming GameQoo Perluas Jangkauan ke Seluruh Indonesia


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Platform game berbasis komputasi awan atau cloud computing GameQoo yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia melalui Indihome kini memperluas jangkauannya. Platform cloud gaming yang sebelumnya hanya dapat diakses di Pulau Jawa, Bali, dan Madura kini dapat dinikmati di seluruh Indonesia.

Pelanggan yang ingin menikmati game di GameQoo cukup berbekal Set Top Box (STB) IndiHome yang bisa dimainkan hingga empat pemain dalam satu device. Pelanggan juga dapat bermain di TV dengan mengunduh aplikasi GameQoo dari Usee App Store di STB IndiHome TV.

Sedangkan untuk akses melalui PC, pelanggan cukup membuka situs GameQoo lalu mendaftar dengan akun IndiHome. Pelanggan pun bisa segera berlangganan setelah melakukan instalasi driver.

Platform GameQoo juga memiliki kelebihan, diantaranya tidak butuh koneksi yang besar untuk menikmati game yang ada dengan lancar, karena dengan mempunyai koneksi internet IndiHome stabil sudah lebih dari cukup,” jelas VP Management Marketing Telkom, E Kurniawan dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Kurniawan melanjutkan, GaneQoo juga lebih hemat dikarenakan progres dari game yang dimainkan sudah tersimpan di dalam cloud sehingga tidak memenuhi memori perangkat untuk bermain game.

GameQoo sendiri pada tahap awal menyediakan lebih dari 100 judul game populer dari kreator game terkemuka dunia, seperti Disney, Codemaster, dan Plug In Digital. Jumlah game pun akan terus bertambah setiap bulannya dengan update kehadiran game baru.

Kurniawan menuturkan, semua kualitas grafis untuk bermain ada di dalam server cloud sehingga pelanggan bisa bermain dengan menggunakan jenis TV atau perangkat apapun tanpa perlu mengorbankan kualitas grafis.

Selain itu, menurutnya saat ini para produsen konsol dunia tengah mengembangkan strategi game mereka ke arah cloud. Maka tidak menutup kemungkinan di masa depan konsol dan perangkat fisik untuk bermain game akan ditinggalkan, kemudian berpindah ke cloud gaming.

“GameQoo menjadi solusi bagi para gamer sekaligus produsen game untuk mengembangkan inovasinya bersama IndiHome,” pungkas Kurniawan.


Bagikan artikel ini