Dubhe, Platform Asal China Untuk Tingkatkan Ekosistem Industri di Bidang AI


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

China telah meluncurkan platform open-source Artificial Intelligence(AI) bernama 'Dubhe' pada Sabtu, 1 Agustus 2020 yang dikembangkan bersama oleh Zhejiang Lab, Beijing Oneflow Technology, the China Academy of Information, Universitas Zhejiang, dan lainnya mempromosikan pertumbuhan global industri yang sedang berkembang.

Dubhe, platform terbuka berasal dari China yang sudah didirikan pada Oktober 2018 denga Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Diketahui hampir 100 peneliti berpartisipasi dalam proyek tersebut yang bertujuan untuk menciptakan kemajuan industri dengan Artificial Intelligence

Platform AI yang digunakan untuk membuat, mengevaluasi, dan meningkatkan teknologi buatan otonom dan ekosistem industri di bidang algoritme AI. Ini bertujuan untuk menjadi pemimpin di lapangan dengan membangun ekosistem kerja sama kecerdasan buatan dan mempromosikan pengembangan bisnis.

Perangkat lunak komputer ini diterbitkan di bawah lisensi di mana pemegang hak ciptanya memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak.

"Kami berharap dapat secara bersama-sama mengumpulkan kekuatan inovatif yang terdepan di industri ini guna membangun platform dan kerangka kerja berkinerja tinggi dari pengembangan algoritme kecerdasan buatan, serta membangun penelitian buatan dan ekosistem industri yang independen," jelas Direktur Zhejiang Lab, Zhu Shiqiang, di Zhejiang, China timur.

Platform Dubhe akan mempromosikan peluang bagi berbagai organisasi untuk dengan cepat menerapkan Artificial Intelligence ke dalam bisnis mereka, karena platform tersebut menyediakan fitur-fitur seperti flexibility, automatic orchestration, output reliability, dan stability.

Pemerintah Provinsi Zhejiang bersama dengan Universitas Zhejiang dan Alibaba Group membangun Laboratorium Provinsi Zhejiang yang dapat digunakan oleh berbagai bidang seperti kota pintar, keuangan cerdas, robotika, transportasi cerdas, dan perawatan kesehatan cerdas.

"Partisipasi organisasi dari berbagai industri telah menciptakan landasan yang kokoh. Saya berharap dapat melihat komunitas penelitian yang berkembang di platform itu, (dan) terlibat dalam studi algoritma Artificial Intelligence. Saya berharap Platform Sumber Terbuka Kecerdasan Buatan Dubhe dapat mendorong penerapan teknologi AI di berbagai industri," jelas akademisi
Akademi Teknik China sekaligus ilmuwan Artificial Intelligence Zhejiang Lab, Pan Yunhe.