Dukung Digitalisasi di Indonesia, DCII Bangun Data Center di Karawang


Data Center

Ilustrasi Data Center

CEO Grup Salim Anthoni Salim dan emiten penyedia data center PT DCI Indonesia Tbk (DCII) membangun kawasan data center di Karawang, Jawa Barat. Anthoni ialah pemegang saham DCII dengan kepemilikan sebesar 11 persen. 

Executive Director Salim Group, Axton Salim yang juga putra Anthoni Salim, mengatakan, pengembangan data center ini diharapkan akan berimplikasi positif pada percepatan digitalisasi di Indonesia. "Hari ini adalah topping off (penutupan atap) gedung data center pertama H2," kata Axton dalam keterangan resmi, Selasa (15/6).

Axton menjelaskan, pembangunan gedung ini telah dimulai sejak kuartal empat 2020. Adapun gedung ini memiliki 10 lantai dengan enam lantai di antaranya ruang data dengan total kapasitas tiga ribu rack serta kapasitas total daya listrik 15 megawatt (MW).

"Topping off ini menandai kegiatan konstruksi memasuki tahap akhir dan diperkirakan selesai pada kuartal IV 2021," ungkap Axton.

Anthoni Salim sebelumnya telah memulai langkah memasuki bisnis digital di Indonesia termasuk data center melalui kerja sama dengan IndoKeppel dan investasi di CBN. Sementara itu, Direktur Utama DCI Indonesia Toto Sugiri menambahkan, dibentuknya gedung data center H2 ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi sekarang ini.

"H2 merupakan salah satu kompleks data center terbesar di Asia Tenggara dan akan memiliki total kapasitas data center ratusan MW dengan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam beberapa tahap," kata Toto.