ELSA Hadirkan Teknologi Berbasis IoT Smart Retrofit


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

PT Elnusa Tbk (ELSA) bersama afiliasinya lakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Rangga untuk implementasi teknologi pengelolaan air berbasis internet of things (IoT), Smart Retrofit.

Smart Retrofit sendiri dikembangkan oleh ELSA dengan tujuan mendukung pengelolaan air di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selain itu, juga sebagai jawaban atas tantangan di era industri 4.0.

Sistem berbasis IoT yang dimiliki Smart Retrofit merupakan solusi untuk dapat mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air, serta memudahkan masyarakat untuk mengatur penggunaan air di rumah. Rencana pengembangan teknologi Smart Retrofit sendiri akan berlangsung selama tiga bulan sejak penandatanganan perjanjian.

Direktur Pengembangan Usaha ELSA Ratih Esti Prihatini menjelaskan, bahwa kerja sama ini merupakan sinergi antara pemerintah daerah dan perusahaan untuk dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

“Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kontribusi Elnusa dan afiliasinya untuk mendukung smart city di Indonesia, dan pada khususnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat,” kata Ratih melalui siaran pers, melansir dari CNBC Indonesia, Jumat (23/9/2022).

Ratih kemudian menambahkan, bahwa teknologi IoT yang dikembangkan dapat memberikan keuntungan bagi Perumda, baik sebagai penyedia distribusi air maupun untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Keuntungan yang dapat diperoleh oleh Perumda sendiri, adalah berupa data pembacaan meter yang lebih akurat, real-time dan online. Hal ini kemudian membuat Perumda dapat melakukan monitor dengan lebih cepat apabila terjadi kehilangan air (NRW), kemudian dapat terintegrasi dengan sistem billing yang ada.

Sementara dari sisi pelanggan, sistem IoT ini dapat membuat pelanggan memperoleh tagihan yang lebih akurat, kemudian dapat melakukan pengawasan serta mengevaluasi penggunaan air dari Perumda.

“Elnusa melalui solusi totalnya terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapasitas nasional. Teknologi Smart Retrofit L-NM merupakan solusi yang kami tawarkan untuk memudahkan pengelolaan suplai air ke pelanggan,” jelas Ratih.

ELSA pun terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik melalui solusi total yang mendukung program pemerintah. Salah satunya, dilakukan melalui pengelolaan sumber daya air yang sekaligus memenuhi ekspektasi masyarakat, terutama perusahaan daerah.


Bagikan artikel ini