Ericsson Umumkan Kerja Sama dengan XL Axiata untuk Optimasi Jaringan


Gedung Xl Axiata

Ilustrasi Gedung Xl Axiata

Ericsson pada Senin, 15 Februrari 2021 lalu resmi mengumumkan hubungan kerja samanya dengan perusahaan penyedia telekomunikasi XL Axiata guna melakukan optimasi terhadap jaringan mereka. Melalui kemitraan ini, Ericsson akan menyediakan layanan optimasi jaringan dengan Ericsson Cognitive Software di jaringan terpadat XL Axiata, seperti Jabodetabek.

Ericsson menambahkan, bahwa Ericsson Cognitive Software merupakan teknologi optimisasi jaringan berbasis artificial intelligence (AI). Kemitraan yang dijalin pun bertujuan untuk memberi pengalaman yang lebih baik bagi pengguna XL Axiata di tanah air, khususnya pengguna di daerah padat.

“Solusi Ericsson Cognitive Software akan memperkuat tekad XL Axiata untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan keunggulan operasional. Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompeksitas serta memberikan pengalaman jaringan ke generasi selanjutnya. Kami sangat senang dapat bermitra dengan XL Axiata dalam perjalanan transformasi ini,” ujar Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia.

Sementara I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata mengatakan bahwa XL Axiata ingin mewujudkan visi mereka dalam mewujudkan jaringan paling hemat biaya guna memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Maka dari itu, XL Axiata pun menanamkan analitik serta machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan, dan optimasi.

“XL Axiata telah memulai Zero Touch Operations sejak 2020 dan kami yakin melalui kerja sama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi kami,” jelas I Gede Darmayusa.

Ericsson Cognitive Software sendiri didefinisikan oleh Ericsson sebagai sebuah platform big data multivendor dan multiteknologi berbasis AI yang memiliki skalabilitas serta kinerja yang unggul. Solusi ini digunakan untuk memaksimalkan pengalaman jaringan yang diikuti dengan rasionalisasi biaya operasional, peningkatan loyalitas pelanggan, serta peningkatan EBITDA.

Solusi Ericsson Cognitive Software memanfaatkan big data untuk mendapatkan pengetahuan, yang kemudian akan dimanfaatkan secara cerdas untuk melakukan pengaturan terhadap kecepatan, biaya, dan kualitas jaringan untuk menghadirkan pengalaman pengguna terbaik.

Ericsson mengklaim bahwa operator telekomunikasi seluler yang menggunakan solusi ini bisa mendekati zero touch network atau jaringan automasi yang memperoleh campur tangan manusia secara minimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

Layanan optimasi jaringan oleh Ericsson terhadap XL Axiata sendiri akan mencakup jaringan 2G, 3G, 4G, dan VoLTE XL Axiata di daerah-daerah terpadat di Indonesia. Mulai dari Jabodetabek hingga Jawa Tengah.