BSSN Kolaborasi dengan Huawei untuk Literasi Keamanan Siber Infrastruktur Kritis Nasional


Huawei

Huawei

Keamanan siber telah menjadi isu strategis di berbagai negara di dunia, terutama dengan transformasi digital yang semakin cepat akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini. Maka dengan isu keamanan siber yang juga semakin kompleks karena perkembangan teknologi, perlu adanya keselarasan pemahaman untuk menghadapi potensi serangan siber.

BSSN pun melakukan kolaborasi bersama dengan Huawei untuk melakukan literasi mengenai keamanan siber, terutama untuk menghadapi potensi serangan siber pada teknologi berbasis cloud di infrastruktur kritis nasional.

Maka meningkatkan dan menyelaraskan pemahaman mengenai keamanan siber, BSSN berkolaborasi dengan Huawei Indonesia dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) menggelar webinar bertajuk “Cloud dan Keamanan Siber untuk Infrastruktur Kritis Nasional” yang merupakan bagian dari CyberHub Fest 2021 pada 18 Januari 2021 lalu.

Kompleksitas keamanan siber semakin meningkat terutama sejak merebaknya COVID-19 di akhir 2019 lalu, sehingga memberikan implikasi yang besar pada berbagai infrastruktur kritis untuk mempersiapkan keamanan siber yang mumpuni guna menghadapi serangan. Melalui webinar yang dihadiri 822 peserta ini, Huawei dan BSSN berkolaborasi memberikan literasi keamanan siber untuk kesadaran pelaku infrastruktur kritis.

“Di era digital ini, masyarakat memerlukan pengtahuan yang cukup mengenai manfaat dan ketahanan di ruang siber, BSSN sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan CyberHub Fest 2021 sebagai bentuk kolaborasi bersama dalam meningkatkan efektivitas keamanan siber. Terima kasih kepada Huawei Indonesia atas alih pengetahuan dan teknologi bersama sejak tahun 2020 lalu, ke depannya, kami berharap kolaborasi iniakan terus ditingkatkan,” ujar Deputi Bidang Proteksi BSSN, Akhmad Toha saat membuka sesi webinar.

Selain itu, pada sambutan membuka webinar untuk meningkatkan literasi keamanan siber bagi infastruktur kritis nasional ini, Jazon Zhang selaku President Cloud and AI Business Group Huawei Indonesia menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk mengintegrasikan kepatuhan keamanan siber sebagai bagian integral dari layanan Huawei.

“Kami pun telah mengikuti assessment yang diterapkan oleh BSSN. Kami percaya dalam waktu dekat ketananan keamanan siber akan menjadi sebuah praktik standar keamanan informasi yang diwajibkan untuk seluruh perusahaan dan organisasi di Indonesia guna memastikan keamanan penyimpanan data seiring dengan upaya BSSN membangun keamanan siber yang tangguh,” papar Jason.

Partisipasi Huawei untuk mendukung rangkaian CyberHub Fest 2021 pun menegaskan komitmen mereka untuk secara berkelanjutan memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia sejak kehadirannya 20 tahun lalu di Indonesia.

Komitmen pengembangan sumber daya untuk keamanan siber ini pun didukung dengan kolaborasi bersama BSSN sebagai garda terdepan untuk keamanan siber di Indonesia. Huawei pun berharap ke depannya semua pemangku kepentingan keamanan siber dapat mempererat sinergi kolaboratif mereka untuk keamanan siber di berbagai bidang, terutama infrastruktur kritis nasional.

“Huawei menjadikan kepercayaan sebagai aspek terpenting dari solusi cloud yang kami miliki. Kami membangun public cloud sebagai layanan kredibel berskala global yang menampilkan keamanan, kepatuhan, privasi, transparansi, dan ketahanan. Kami sangat mengapresiasi BSSN atas inisiasi pengadaan webinar dalam membangun kesadaran keamanan siber para pelaku industri dan pemerintahan,” tutur Jason Zhang.

Pada webinar pun, Huawei membagikan pentingnya kolaborasi dan kesadaran berbagai pihak dalam lingkup pemerintah atau dalam hal ini infrastruktur kritis dalam mengembangkan cybersecurity yang tepat dan sesuai.

“Penting untuk menerapkan perlindungan yang sesuai dengan cloud pada berbagai infrastruktur, baik publik, privat, atau pun hybrid cloud. Orang-orang dalam lingkup perusahaan yang mengadopsi cloud harus mengikuti kerangka kerja yang tepat untuk membangun keamanan dan memiliki kesadaran untuk berpartisipasi,” kata Kevin Li, Solution Director Huawei Cloud Asia Pacific saat menyampaikan materinya dalam webinar.

BSSN didukung dengan Huawei pun terus berkomitmen untuk memberdayakan kesadaran mengenai keamanan siber yang kini telah menjadi isu strategis di seluruh dunia. Huawei dengan dukungan teknologi dan pengetahuan pun terus mendorong kolaborasi inovatif untuk melakukan antisipasi terhadap potensi serangan siber di masa yang akan datang.


Bagikan artikel ini