Infomedia Hadirkan Layanan Pelanggan Berbasis AI dan Cloud


Logo Infomedia

Logo Infomedia

Di tengah kemajuan digital yang pesat, perusahaan-perusahaan terus berupaya memenuhi kebutuhan pasar, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. PT Infomedia Nusantara, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), memperkenalkan solusi digital berupa Business Process Outsourcing (BPO) untuk mengoptimalkan Customer Relationship Management (CRM) dan layanan bersama (Shared Service) dengan menerapkan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI) dan Robotic Process Automation (RPA).

Direktur Marketing & Sales Infomedia, Sujito, mengatakan “Maka, terus bertransformasi dan berinovasi merupakan strategi dasar Infomedia dalam memberikan pengalaman yang selangkah lebih depan serta secara bersamaan membantu mendorong pertumbuhan bisnis pelanggan,” kata Sujito.

Menurut IDC, nilai pasar BPO diprediksi terus meningkat, sejalan dengan fokus perusahaan untuk mengembangkan bisnis intinya dan mempercayakan operasional non-inti kepada pihak ketiga. Frost & Sullivan juga memproyeksikan pertumbuhan pasar BPO sebesar 9,4% tahunan hingga 2027.

Dalam menghadapi evolusi layanan pelanggan, Infomedia mengadopsi teknologi AI dan machine learning untuk meningkatkan responsivitas dan memberikan solusi cepat dan akurat. Penggunaan teknologi bot, seperti chatbot, membantu menyederhanakan interaksi dengan pelanggan dalam skala besar.

Infomedia membanggakan platform omnichannel "OmniX," miliknya yang mampu mengintegrasikan berbagai channel komunikasi menjadi alur layanan pelanggan yang mulus. Platform berbasis cloud ini menawarkan pengalaman nyata bagi pelanggan dengan merekam setiap interaksi di berbagai channel dalam satu perjalanan.

Dukungan dari AI dan big data memungkinkan OmniX mengidentifikasi pola, memprediksi perilaku pelanggan, dan memberikan rekomendasi personalisasi. Hal ini memungkinkan perusahaan memahami lebih baik kebutuhan pelanggan, menyesuaikan produk dan layanan, serta mendapatkan wawasan untuk langkah bisnis selanjutnya.

Selain di front-end, Infomedia menerapkan teknologi AI dan Robotic Process Automation (RPA) di operasional back-end melalui Shared Service. Integrasi ini membantu otomatisasi tugas berulang, dan meningkatkan akurasi.

“Dengan mengintegrasikan AI dan Robotic Process Automation (RPA) ke dalam Shared Service Operation, Infomedia membantu perusahaan mengotomatisasi tugas yang berulang, meningkatkan akurasi, dan membebaskan karyawan untuk fokus pada aktivitas yang lebih strategis,” kata Andri Wibawanto - Direktur Solution and Business Development Infomedia.

Infomedia menggunakan analisis gesture dan gelombang suara melalui teknologi AI, sementara RPA digunakan untuk otomatisasi entri data dan pemrosesan. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga memberdayakan perusahaan untuk tetap berada di garis depan teknologi.

Melalui kemajuan teknologi dan kemitraan strategis, Infomedia memperkuat posisinya di pasar. Penghargaan sebagai "Customer Experience Outsourcing Services Company of the Year" dari Frost & Sullivan selama tiga tahun berturut-turut menunjukkan konsistensi Infomedia dalam menyediakan layanan terbaik.

Sebagai penyedia BPO digital terkemuka, Infomedia memprioritaskan tata kelola yang baik dengan mendukung layanannya melalui standar ISO 27001:2013, ISO 37001:2016, dan ISO 9001:2015. Hal ini menegaskan komitmen Infomedia terhadap transparansi, akuntabilitas, dan etika bisnis dalam melayani pelanggan. Direktur Marketing & Sales Infomedia, Sujito, menekankan bahwa dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, Infomedia memastikan layanannya sesuai standar dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara komprehensif.


Bagikan artikel ini