Ini Langkah Telkomsigma Hadapi Persaingan Ketat Bisnis Data Center


Logo telkomsigma

Logo telkomsigma

Percepatan digitalisasi saat ini kemudian mendorong peran data center semakin besar. Hal ini terutama perannya sebagai infrastruktur operasi sektor digital yang berbasis cloud computing atau komputasi awan. Terlebih dengan Indonesia yang kini menjadi hotspot untuk mendirikan data center di Asia Tenggara.

Tanto Suratno, Direktur Business & Sales Telkomsigma menuturkan, dalam memilih data center penting untuk memperhatikan track record penyedia layanan, serta melihat keahlian serta pengalaman dari penyedia layanan data center tersebut.

“Lebih baik jika provider (data center) didukung praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional,” kata Tanto dalam rilis resmi, melansir dari Kontan.co.id, Senin (20/9/2021).

Telkomsigma pun pada tahun 2021 kemudian melakukan pembaruan sertifikasi data center. Salah satunya dengan memperpanjang sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga tahun 2024.

Keberadaan pembaruan sertifikat TCOS ini pun akan menjamin operasi data center yang dikelola dengan terstruktur dan telah melalui tahap penilaian serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) dan komponen lainnya. Hal ini pun menjamin data center agar terhindar dari downtime tidak terduga.

Telkomsigma juga menjadi penyedia layanan data center dengan sertifikat TCOS satu-satunya di Indonesia yang mampu melakukan proses produksi non-stop secara maksimal yang didukung pula dengan fasilitas disaster recovery andal.

Selain itu, Telkomsigma juga menguatkan keberadaannya di tengah persaingan ketat data center di Indonesia dengan meraih penghargaan “The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori Data Center di ajang Corporate Image Award 2021.

Tanto pun menuturkan, bahwa perolehan penghargaan ini kemudian menjadi motivasi bagi Telkomsigma untuk dapat terus berkomitmen dalam menjalankan operasional data center yang berkualitas dengan best practice di Indonesia.

“Selain itu, juga menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, cloud, data center, dan layanan digital,” tutur Tanto.

Telkomsigma saat ini tengah memegang tata kelola untuk 18 internet data center Telkom Group serta tiga enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Pada tahun 2021 sendiri, Telkomsigma pun memiliki lebih dari 300 pelanggan di berbagai segmen, mulai dari enterprise, startup bahkan perbankan dan finansial. Angka ini pun terus meningkat seiring dengan kebutuhan data center.


Bagikan artikel ini