Jaringan 5G Kembangkan Inovasi IoT Sesuai Dengan Kecepatan Internet


Jaringan 5G

Ilustrasi Jaringan 5G

Managing Network Master Plan Telkomsel Harry Utama memberikan informasi bahwa beberapa manfaat pengaplikasian teknologi 5G; mulai dari mendorong inovasi Internet of Things (IoT), hingga stabilitas kecepatan internet.

“5G mendefinisikan ulang mobile experiences melalui tiga kapabilitas utama. Pertama adalah 5G mampu menghubungkan sensor dan perangkat dalam jumlah besar untuk mendorong inovasi IoT lebih jauh,” ujar Harry dalam jumpa media, Jumat (12/3).

Harry juga menambahkan bahwa 5G mengakomodasi kapasitas jaringan yang lebih besar, memastikan pengguna menikmati kecepatan secara stabil. “Yang ketiga, ultra-reliable and low-latency communication. 5G menghadirkan transfer data yang lebih cepat dan minim jeda unruk mengakselerasi perkembangan teknologi di berbagai sektor,” tambahnya.

Kehadiran 5G atau teknologi jaringan generasi kelima sendiri, menurut Harry, didesain sebagai sebuah teknologi yang tidak hanya meningkatkan broadband tapi juga use case konsumen maupn industri.Hal ini akan membuat aktivitas digital masyarakat semakin bervariasi. Seperti perubahan gaya hidup, keberagaman konten, keinginan untuk mengakses video beresolusi tinggi dengan stabil, dan hal lainnya.

“Teknologi 5G akan mentransformasi kehidupan masyarakat. Mulai dari stream video konten, HD Video call, VR dan AR entertainment, cloud gaming, fixed wireless acces, education VR, sampai telehealth dan telemedicine,” ungkap Harry.

Tak hanya untuk aktivitas sehari-hari, Harry menjelaskan kemampuan 5G juga membawa perubahan besar terhadap transformasi digital untuk dunia bisnis. “Nantinya akan ada drone monitoring, remote surgery, AR maintenance, connected cars, infotainment service, smart factory, serta smart seaport,” jelas Harry.