Jepang Uji Coba Antisipasi Kecelakaan Kereta Api dengan AI


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Guna mencegah kecelakaan di perlintasan kereta api, perusahaan kereta api Jepang Seibu Railway tengah mengembangkan sistem berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mendeteksi orang dan benda yang berada di jalur lintasan kereta api.

Uji coba sistem ini dilakukan sejak Selasa (14/12/2021) pagi, dan mulai dilakukan pada perlintasan kereta api Seibu Ikebukuro Line di Toshima-ku, Tokyo, Jepang. Keberadaan sistem AI ini pun merupakan upaya untuk Seibu Railway untuk mengurangi angka kecelakaan di lintasan kereta api.

“Kecelakaan kereta api tidak ada habisnya, sehingga kami ingin mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan perlintasan kereta api sebanyak mungkin dengan menggunakan AI,” kata Kepala Divisi Sinyal dan Komunikasi dari Markas Besar Kereta Api Seibu, Takaharu Inuzuka, melansir dari TribunNews, Rabu (15/12/2021).

Seibu Railway melakukan uji coba sistem AI yang akan mendeteksi orang atau benda yang kemungkinan terjebak di perlintasan kereta api. 13 pekerja pun telah dikerahkan sejak dini hari pada hari pertama pengujian sistem ini.

Sistem ini bekerja dengan pemasangan kamera performa tinggi di pilar yang berdekatan dengan perlintasan kereta api untuk dapat menangkap keberadaan orang atau benda di dalam perlintasan kereta api. AI kemudian akan mendeteksi ketidaknormalan ini kemudian mengirimkan informasi.

Setelah informasi ketidaknormalan ini dikirim oleh AI, semua sinyal yang berada di sepanjang jalur kereta api kemudian akan berkedip merah untuk memperingatkan kereta api yang melintas akan adanya potensi bahaya.

“Pada uji coba yang akan berlangsung hingga Maret tahun depan, kami akan memverifikasi apakah sistem ini dapat beroperasi secara normal dalam berbagai situasi, seperti pada saat malam hari. Seibu Railway juga berencana untuk menerapkan sistem ini secara praktis mulai tahun depan dan seterusnya,” tandas Inuzuka.


Bagikan artikel ini