Masuki Era Industri 4.0, Kominfo Dorong Generasi Muda Indonesia Untuk Melek Digital


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumber Daya Manusia Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Basuki Yusuf Iskandar mengajak para penerus muda Indonesia untuk melek digital.

Hal ini disampaikannya dalam webinar nasional yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persada (DWP) Kominfo, Kamis (17/9/2020). Basuki mengatakan, di era transformasi digital kini masyarakat terutama penerus muda harus sukses melaluinya sebagai syarat memasuki revolusi industri 4.0.

Industri 4.0 menurut Basuki, adalah perubahan yang dinamis, cepat, dan harus diikuti perkembangannya dengan baik. Revolusi industri 4.0 menurutnya tidak bisa diahadapi dengan cara evolusi yag lambat, tetapi harus ada akselerasi transformasi digital untuk siap memasuki era ini.

Maka, Basuki pun menyebut meski pandemi COVID-19 sekarang ini mengancam berbagai sektor kehidupan manusia, akselerasi digital terjadi dalam hal komunikasi yang dilakukan secara daring. Ia mengatakan, ini bisa dikatakan sebagai loncatan tajam untuk literasi digital.

“Sekarang tidak asing lagi bagi setiap keluarga melakukan komunikasi melalui zoom atau apapun secara virtual. Saya kira ini loncatan yang cukup tajam terhadap literasi digital kita sehingga ada hikmah yang diambil bagi kita dari segi transformasi digital,” jelasnya.

Kepala Balitbang Kominfo pun mengingatkan generasi muda Indonesia bahwa revolusi industri 4.0 ini juga memiliki resiko yang lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik antar elemen masyarakat.

“Sangat penting untuk kita mendidik anak-anak bekerja secara team work, secara kerja sama. Karena itu akan menentukan soft skill, sifat dasar yang sangat diperlukan dalam industri 4.0,” ujar Basuki.

Pada upaya untuk transformasi digital, Kominfo memiliki peran penting. Basuki mengatakan, dari sisi fungsi Kementrian Kominfo terdapat tiga aspek teknologi yang akan menguasai era revolusi industri 4.0 yaitu physical, digital, dan biological.

“Tugas Kementrian Kominfo memang sangat strategis, karena yang bertugas untuk menghela negeri ini ke depan tentang digitalisasi salah satunya adalah Kominfo, sehingga fungsi Kominfo menjadi sangat strategis,” pungkas Basuki.