Kominfo Perkuat SDM Dengan Menargetkan 9 Juta Talenta Digital


Digital Talent Scholarship

Logo Digital Talent Scholarship

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merencanakan untuk menghasilkan 9 juta talenta digital selama 15 tahun melalui berbagai program yang telah diinisiasi, salah satunya Digital Talent Scholarship.

Dikutip dari Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo, Henri mengungkapkan Indonesia membutuhkan sekitar 600.000 SDM yang memiliki kualitas dan menguasai Teknologi Informasi.

“Diharapkan ada 9 juta talenta digital yang dihasilkan selama 15 tahun. Karena kita tidak mungkin membangun infrastruktur, berkompetensi dengan negara lain tanpa kita memperkuat SDM-nya,” ucap Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto, dalam acara virtual FMB9 “Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia”, Selasa (10/11).

Henri mengungkapkan bahwa Kemkominfo telah memiliki dua program besar yaitu, Digital Talent Scholarship untuk mencetak para ahli di bidang Teknologi Informatika dan Digital Literacy untuk meningkatkan pengetahuan literasi digital masyarakat luas tentang apa yang harus mereka ketahui soal digital.

Program Digital Talent Scholarship ini bekerja sama dengan sejumlah korporasi global, termasuk Google dan AMAZON untuk memperkuat serta menyiapkan SDM yang menguasai teknologi terbaru, seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, Augment Reality dan Big Data Analysis.

“Kominfo berkomitmen untuk membangun SDM sebagai tumpuan dalam melaksanakan transformasi digital. Karena tidak mungkin kita bisa melakukan sebuah transformasi ke dunia digital, tanpa penguatan SDM, sebab SDM menjadi faktor kunci yang harus menjadi perhatian,” tutup Henri.