Dukung Gerakan 100 Smart City, Lacak.io Permudah Integrasi IoT Lintas Sektor


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Perusahaan startup yang berfokus pada pelacakan real time dan manajemen lapangan, PT Lacak Cipta Aktual (Lacak.io) mendukung gerakan “100 Smart City” melalui teknologi Internet of Things (IoT) yang hemat biaya serta proses operasi mudah untuk berbagai sektor industri di Indonesia.

Kehadiran startup ini pun bertujuan untuk mempercepat industri 4.0 di Indonesia, agar dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi pelayanan seperti penambangan, kependudukan, hingga keamanan pangan dengan proses operasional yang cepat dan mudah.

“IoT dan teknologi industri 4.0 lainnya hadir untuk dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan manusia, termasuk juga menyempurnakan berbagai layanan darurat yang responsif hingga komunikasi yang mempermudah bisnis dan masyarakat,” tutur Fariz Iskandar, Pendiri dan CEO Lacak.io melalui keterangan tertulis, Senin (5/4/2021).

Lacak.io sendiri menghadirkan solusi manajemen armada dan pelayanan lapangan yang dapat dengan mudah diaplikasikan ke berbagai sektor dengan tetap mengedepankan efisiensi serta sumber daya manusia (SDM).

Fariz mencontohkan layanan ini di sektor pertambangan. Melalui solusi Fleet Management System, Lacak.io akan membantu untuk memetakan rute pengiriman yang optimal dengan bantuan sensor berkemampuan GPS dan pelacakan wilayah.

Selain itu, penggunaan bahan bakar dan beban juga akan dioptimalkan dengan fuel dan axle load censors lacak.io yang bisa mengirimkan informasi secara langsung dan real time ke kantor pusat secara otomatis.

“Data yang dikumpulkan secara otomatis akan dikelola menggunakan big data, blockchain, dan teknologi cloud computing untuk memaksimalkan proses penjadwalan dan penuatan. Tujuannya, agar tidak ada lagi antrean truk tambang yang kelebihan muatan serta mengular di pelabuhan atau pabrik,” jelas fariz.

Inisiatif untuk melakukan digitalisasi juga diterapkan di sektor-sektor publik dan pemerintahan. Memanfaatkan teknologi pintar, Lacak.io membantu menjadwalkan operasi transportasi publik sekaligus memaksimalkan penggunaan bahan bakar transportasi tersebut.

“Kami menerapkan solusi Field Service Management (FSM) untuk mendorong akuntabilitas dan transparansi di pemerintahan, memastikan pegawai pemerintah daerah menanggapi keluhan warga, serta menyelesaikan perbaikan,” kata Fariz.

Melalui solusi FSM ini, Lacak.io juga melakukan validasi data menggunakan blockchain di sektor multifinance sekaligus menghadirkan solusi on-premise bagi perusahaan. Solusi ini akan menjamin keamanan data konsumen serta mampu mengurangi risiko kesalahan manusia dalam melakukan pemasukan data.

“Teknologi pintar Lacak.io juga meningkatkan produktivitas dengan mendigitalisasi proses pertanian, mulai pemupukan hingga waktu panen produk,” pungkas Fariz.


Bagikan artikel ini