Lacak.io Tingkatkan Keamanan Logistik dengan Solusi Teknologi IoT


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Perusahaan startup lacak.io yang berbasis di Indonesia mewujudkan misinya untuk mendorong majunya industri logistik Indonesia melalui solusi Internet of Things (IoT). Misi ini pun sejalan dengan program pemerintah “Gerakan 100 Smart City” sebagai sebuah solusi kota pintar dan digitalisasi.

Lacak.io yang menyediakan layanan enterprise-ready platform untuk memantau operator armada Global Positioning System (GPS) serta manajemen tenaga kerja, berfokus pada teknologi IoT untuk membantu bisnis industri logistik mencapai pertumbuhan keuntungan dengan tetap mengedepankan keamanan dan efisiensi.

“Ditengah pandemi, e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cepat. Perusahaan pun semakin membutuhkan sistem logistik yang lebih baik. Di sinilah Lacak.io berkembang sebagai platform IoT untuk perusahaan, menawarkan manajemen armada dan solusi pelacakan yang komprehensif sebagai dua fitur utamanya,” jelas Fariz Iskandar, Founder dan CEO Lacak.io, Selasa (16/2/2021).

Pasar logistik di Indonesia sendiri mengalami bertumbuhan sebesar 45,95% pada tahun 2013 hingga 2018, dan pertumbuhan ini pun diprediksi akan terus berlanjut hingga 10,27% di periode tahun 2020 hingga 2025.

Maka dengan lonjakan permintaan yang meningkat pesat, menjadi tantangan bagi perusahaan logistik untuk menghubungkan lebih dari 17.000 pulau di Indonesia dengan efisien. Salah satu tantangan utamanya adalah memastikan keamanan pengiriman dari penjual ke konsumen dengan verifikasi identitas pengemudi secara akurat.

Pada verifikasi identitas ini lah solusi unik Lacak.io bekerja, seperti iButton dan DSM yang bisa membantu mengidentifikasi proses pemantauan jarak jauh selama perjalanan guna mengetahui perilaku kurir saat mengemudi. Lacak.io pun menawarkan pula pelacakan akurat menggunakan GPS dengan menghadirkan update armada secara real-time.

Selain berkaitan dengan keamanan pengiriman barang, Lacak.io juga menghadirkan solusi untuk keselamatan berkendara guna mendukung keberhasilan logistik perusahaan. Melalui fitur Adas, Lacak.io dapat memberikan peringatan dini atas potensi tabrakan untuk mencegah kecelakaan.

Selain itu, lacak.io juga melengkapi solusi perlindungan dengan axle load solution untuk membantu pengemudi dan pemberi kerja memantau kapasitas beban kendaraan. Fitur Immobilizer juga ditambahkan sebagai pengontrolan mesin jarak jauh sehingga kendaraan dapat dihentikan ketika berada dalam keadaan darurat.

Keamanan pengemudi juga dipastikan dengan fitur panic button yang bisa membantu mereka mengirimkan sinyal membutuhkan bantuan atau SOS ketika diperlukan. Fitur-fitur ini hadir untuk menjaga keamanan barang sekaligus kurir dalam berkendara. Lacak.io pun muncul sebagai penyedia platform IoT Indonesia yang terus berkembang sejak didirikan pada 2016 lalu.


Bagikan artikel ini