Layanan Terbaru Nutanix Optimalkan Pekerjaan Basis Telework


Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Memasuki era 'new normal' ini membuat perusahaan menerapkan sistem work from home untuk sebagian karyawannya. Work form home merupakan bekerja dari rumah atau berada diluar kantor, baik itu rumah, cafe, restoran, dan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai Covid-19 terutama untuk mencegah kluster perusahaan.

Menurut laporan Deloitte mengatakan bahwa sebesar 21,2 juta karyawan Indonesia berpeluang untuk tetap bekerja dari rumah setelah beberapa tahun pasca pandemi sehingga perusahaan-perusahaan harus berjuang supaya para karyawan tetap produktif dan efisien meskipun work from home. Oleh karena itu, perusahaan berupaya dengan mengembangkan akses ke tools dan aplikasi yang sama tiap karyawan sehingga perusahaan membutuhkan dukungan dari perusahaan teknologi yang sesuai.

Nutanix salah satu perusahaan cloud computing untuk enterprise yang bergerak di bidang IT, berhasil mengembangkan layanan Virtual Desktop Infrastructure (VDI) bernama FastTrack for VDI. Layanan ini dapat digunakan perusahaan-perusahaan untuk menerapkan telework atau bekerja dari jarak jauh. Dalam mempercepat dan mengoptimalkan layanan ini dalam waktu beberapa minggu perusahaan ini dibantu bersama mitra-mitra terpilih.

Adanya kelonggaran aturan pemerintah di masa 'new normal' ini memungkinkan perusahaan-perusahaan di Indonesai untuk kembali beroperasi dengan pembatasan sosial sebagai aturan kerja utama. Hal tersebut membuat beberapa perusahaan memilih untuk menerapkan telework atau bekerja dari jarak jauh.

“Model bekerja dari mana saja telah menjadi pilar sentral dalam strategi keberlanjutan Indonesia yang sedang bertransisi menuju new normal,” ujar Country Manager Nutanix, Fetra Syahbana pada Kamis 23 Juli 2020.

FastTrack for VDI membantu mengurangi waktu implementasi lingkungan VDI yang tetap mempertahankan core business dan operasional teknis menjadi hanya beberapa minggu. Layanan ini juga berfungsi untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam mempertahankan bisnisnya, khususnya dalam jangka panjang.

Berikut ini merupakan manfaat utama dari FastTrack for VDI :

- Membantu organisasi untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk menerapkan kebijakan bekerja dari jarak jauh.

- Penawaran yang diberikan termasuk layanan set-up dan desktop virtual dan dalam konfigurasinya hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 hari dengan konfigurasi yang telah ditetapkan Nutanix. Dengan hal ini diharapkan karyawan dapat mengakses aplikasi dan tool dengan aman.

- Pelanggan dapat menggunakan hardware yang ada atau memanfaatkan infrastruktur cloud yang dikelola oleh mitra managed service provider(MSP), termasuk Cyxtera.

- Implementasi yang mudah dengan infrastruktur yang sederhana dan fleksibel.

Kinerja dan kecepatan dari FastTrack for VDI dalam memberikan solusi-solusi yang cepat dan tepat telah diakui. Layanan ini diperkirakan memiliki basis pelanggan yang besar dan pengaruhnya terus berkembang pada sektor industri. Hal tersebut dikarenakan karyawan yang bekerja secara telework akan membutuhkan akses yang mudah, cepat dan aman ke berbagai aplikasi dan tool agar mereka dapat bekerja secara efektif dan efisien.

“Nutanix berkomitmen untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan infrastruktur TI fleksibel yang mereka butuhkan agar lebih gesit, beroperasi dengan lebih ramping, dan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan realitas baru di dunia bisnis,” tutup Fetra.