Microsoft Ganti Nama Chatbot AI Bing Chat Menjadi Copilot


Logo Microsoft Copilot

Logo Microsoft Copilot

Pada acara "Microsoft AI Ignite" yang digelar pada Rabu, 15 November 2023, Microsoft secara resmi mengumumkan rebranding chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) mereka dari "Bing Chat" menjadi "Copilot". Langkah ini merupakan strategi perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat untuk memberikan identitas baru pada chatbot mereka yang semakin canggih. Colette Stallbaumer, manajer umum Microsoft 365, menyampaikan bahwa "Bing Chat dan Bing Chat Enterprise kini akan menjadi Copilot.”

Salah satu perubahan signifikan yang menyertai rebranding ini adalah adanya domain khusus untuk Copilot, yaitu "copilot.microsoft.com". Dengan adanya domain ini, pengguna dapat mengakses Copilot secara mandiri melalui mesin pencarian Bing dan Google, browser Microsoft Edge, dan Windows 11. Hal ini membuat Copilot semakin serupa dengan pesaingnya, seperti ChatGPT (chat.openai.com) dan Google Bard (bard.google.com).

Tampilan baru Copilot juga mengalami perubahan signifikan, termasuk perubahan warna latar belakang dari biru ala "Bing" menjadi abu-abu muda. Logo Copilot pun mengalami perubahan menjadi heksagon asimetris dengan gradasi warna pelangi. Pada halaman utama Copilot, pengguna disajikan dengan beragam pintasan perintah, mulai dari ringkasan, pembuatan lagu, perbandingan, rekomendasi tempat wisata, hingga penulisan kode program. Selain itu, pengguna sekarang dapat menginput gambar ke Copilot, memberikan dimensi baru pada pengalaman interaksi.

Chatbot AI Bing Chat, yang diperkenalkan oleh Microsoft hanya 9 bulan, sebelumnya telah di-upgrade dengan teknologi kecerdasan buatan GPT-4 yang dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT. Namun, dengan rebranding menjadi Copilot, Microsoft memberikan identitas baru yang lebih kuat pada chatbot mereka, sejalan dengan ambisi bersaing dengan mesin pencarian lainnya seperti Google Search dan chatbot AI Google Bard.

Nama "Copilot" sebenarnya sudah sering digunakan Microsoft untuk layanan AI dalam beberapa bulan terakhir. Misalnya, Microsoft 365 Copilot untuk asisten AI di aplikasi Microsoft 365, seperti Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Teams, dan sebagainya. Belum lama ini, Microsoft juga membawa asisten AI "Windows Copilot" ke Windows 11 versi 23H2, sebagai Cortana. Pada November 2023, Microsoft menyederhanakan dan menggeneralisasi penyebutan teknologi AI di Bing dan Microsoft 365 tersebut menjadi "Copilot" saja.

Selain perubahan nama dan tampilan, Microsoft juga mengumumkan pembaruan fitur pada Copilot untuk pengguna yang berlangganan Microsoft 365. Opsi personalisasi seperti pengaturan format, gaya, dan nada respons akan segera hadir, dimulai dengan Word dan PowerPoint. Di Teams, Copilot akan mendapatkan kemampuan membuat catatan sepanjang rapat, bahkan pengguna dapat memberikan petunjuk spesifik untuk disertakan dalam catatan tersebut.

Dengan perubahan ini, Microsoft berupaya menjadikan Copilot bukan hanya sebagai chatbot biasa, tetapi juga sebagai asisten pribadi yang dapat membantu pengguna dalam berbagai tugas produktivitas di berbagai aplikasi Microsoft 365. Perubahan ini juga mencerminkan tren pengembangan teknologi AI yang semakin memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna secara lebih personal dan efisien.


Bagikan artikel ini