Microsoft Luncurkan Bing Chatbot AI


Microsoft

Logo Microsoft

 Microsoft akan meluncurkan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Bing Chat ke pihak ketiga dalam waktu dekat seperti Google Chrome dan Safari.

Kehadiran Bing Chat di browser pihak ketiga untuk merayakan enam bulan kelahiran chatbot AI Bing ini.

"Kami mengumumkan Anda dapat merasakan Bing terbaru berbasis AI di browser pihak ketiga, baik di web dan seluler," tulis Microsoft Bing seperti dikutip Info Komputer, Kamis.

Sebelumnya, Microsoft sudah meluncurkan aplikasi mandiri (standalone) chatbot AI Bing ke perangkat Android dan iOS. Namun, ini pertama kalinya chatbot AI Bing hadir di luar browser milik Microsoft, Edge.

Kemungkinan besar Bing Chat bakal tersedia dalam bentuk ekstensi yang harus di-download secara mandiri oleh pengguna.

Sebenarnya, Google sudah memiliki chatbot AI Google Bard. Kehadiran Bing Chat pada Google Chrome membuat pengguna memiliki banyak opsi untuk membandingkan jawaban dari dua chatbot AI ini sekaligus di Chrome, tak perlu beralih ke Edge.

Salah satu kelebihan Bing Chat mengusung program AI language model terbaru OpenAI, yaitu GPT-4. GPT-4 yang disebut lebih pintar ketimbang ChatGPT yang masih menggunakan model bahasa GPT-3.5.

Microsoft belum mengungkap tanggal ketersediaan Bing Chat versi final di browser pihak ketiga. Namun sebelumnya, chatbot AI Bing ini dilaporkan diuji coba di Chrome dan Safari pada Juli lalu.

Saat uji coba, chatbot AI Bing di Chrome dan Safari hanya bisa digunakan untuk bertanya hingga 2.000 kata saja. Jumlah kata itu jauh lebih sedikit dibandingkan bila menggunakan chatbot AI Bing di Microsoft Edge yang bisa hingga 4.000 kata.

Tak hanya itu, riwayat percakapan yang disimpan hanya bisa mencapai lima saja di Chrome. Padahal, di Microsoft Edge, ada sebanyak 30 riwayat percakapan dengan chatbot AI Bing bisa disimpan.


Bagikan artikel ini