Microsoft Umumkan Browser Edge Akan Ditenagai Oleh Teknologi AI


Microsoft

Logo Microsoft

Dominasi Google dengan Chrome sebagai peramban paling populer bisa saja goyah. Hal ini setelah Microsoft mengumumkan, browser atau peramban mereka yakni Edge akan ditenagai dengan teknologi Kecerdasan Buatan alias Artificial Intelligence (AI).

Dilansir dari Engadget, penggunaan AI oleh Microsoft di web akan melampaui pencarian Bing yang lebih cerdas. Perusahaan memperbarui browser Edge-nya dengan teknologi Kecerdasan Buatan bernama Copilot yang digadang-gadang bisa membantu tugas sehari-hari pengguna.

Selain itu, integrasi dengan Bing baru dapat membantu Anda mendapatkan intisari dari dokumen, membandingkan konten, dan bahkan membuat draf postingan (seperti di LinkedIn) dengan format, panjang, atau nada tertentu dengan sangat mudah.

Dari sisi pengalaman penggunaan, User Interface atau UI juga kabarnya telah disesuaikan dengan adanya sidebar baru. Anda dapat menggunakan fitur obrolan di ruang ini untuk mengajukan pertanyaan seperti yang Anda lakukan dengan Bing, sementara opsi tulis membantu Anda menulis konten baru menggunakan perintah.

Baik Bing maupun Edge yang diperbarui didasarkan pada model AI baru yang bernama Prometheus, yang dibangun dengan bantuan OpenAI, pengembang di belakang ChatGPT yang belakangan sedang jadi perbincangan.

Meskipun menarik beberapa pelajaran dari AI percakapan ChatGPT yang populer, teknologi di Bing dan browser Edge dari Microsoft disebut lebih kuat dan dioptimalkan khusus untuk pencarian.

Melansir dari JawaPos, Microsoft juga mengklaim itu adalah platform yang “bertanggung jawab” di mana perlindungan terhadap penyalahgunaan dan kesalahan ada di setiap level. Edge baru sekarang tersedia dalam bentuk pratinjau.

Sementara Bing adalah sorotan dari pengumuman AI Microsoft , browser baru ini jelas memainkan peran penting. Kemampuan AI secara teoritis memberi Edge keunggulan dibandingkan Chrome, Safari, dan browser lainnya. Menarik untuk menunggu perlombaan lainnya setelah teknologi Ai ChatGPT mengemuka.


Bagikan artikel ini