Novo Nordisk Gandeng AiChat, Luncurkan Chatbot AI TanyaGendis


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Novo Nordisk jalin kerja sama dengan AiChat untuk luncurkan chatbot WhatsApp berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama TanyaGendis untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes). TanyaGendis merupakan chatbot pintar yang memberikan informasi penting mengenai diabetes.

TanyaGendis akan menjadi chatbot yang menghadirkan berbagai informasi penting dan edukasional mengenai penyakit diabetes sehingga kemudian akan meningkatkan kesadaran pada masyarakat mengenai risiko dan ciri-ciri diabetes.

Chatbot ini diluncurkan setelah Hari Diabetes Sedunia, berbarengan dengan iklan layanan masyarakat oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam acara Health Business Gathering 2021 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (3/12/2021).

Kepala Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) Prof.Dr.dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD pun menyampaikan bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat, dari 10,7 juta orang di tahun 2019, kemudian menjadi 19,5 juta pada tahun 2021.

“Ini membawa kita ke urutan kelima di dunia dengan jumlah penderita diabetes terbanyak, naik dari sebelumnya di peringkat tujuh pada tahun 2019. Tentunya ini sangatlah membahayakan,” kata Ketut Suastika.

Banyak pasien diabetes di Indonesia yang tidak mampu untuk menangani penyakit mereka karena sumber daya dan pengetahuan mereka yang terbatas mengenai diabetes. Hal ini kemudian dapat mengganggu ketaatan minum obat, gaya hidup yang tidak layak dan tidak sesuai kebutuhan mereka, serta kebiasaan konsumsi makanan yang bisa memperparah kondisi mereka.

Maka dengan kekhawatiran tersebut, Novo Nordisk kemudian menjalin kerja sama dengan Kemenkes untuk kemudian mengkampanyekan penanganan diabetes dengan baik melalui iklan layanan masyarakat dan chatbot AI.

Vice President & General Manager Novo Nordisk Anand Shetty menuturkan bahwa sosial media akan memainkan peran penting dalam penyebaran informasi ini. Ia menjelaskan bahwa iklan layanan masyarakat tersebut akan dibagikan dalam berbagai platform sosial media untuk dapat mencapai ruang publik dan masyarakat.

Fokus dari kampanye ini kemudian adalah para generasi muda, agar pencegahan penyakit diabetes dapat dilakukan lebih awal dengan mendorong mereka untuk menjalankan gaya hidup sehat. TanyaGendis pun menjadi bagian dari kampanye bagi generasi muda ini.

“Kampanye chatbot dan iklan layanan masyarakat ini juga menekankan aksi kolektif dan individual akan terus mendorong perkembangan serta melanjutkan inisiatif kita untuk melawan diabetes,” kata Anand.

Maka guna mendorong inisiatif ini, Novo Nordisk pun menjalin kolaborasi dengan penyedia teknologi conversational AI, AiChat untuk menghadirkan TanyaGendis yang memiliki smart natural-language interface.

Chatbot AI TanyaGendis disebut akan mendukung proses masyarakat Indonesia untuk meningkatkan gaya hidup yang sehat dan membantu para penderita diabetes untuk menangani penyakit mereka dengan lebih baik melalui informasi yang mudah diakses.

TanyaGendis pun menyampaikan informasi seputar kesehatan dan diabetes hanya melalui ujung jari, guna membantu populasi diabetes yang besar di Indonesia. Chatbot ini pun membantu penggunanya untuk melakukan tes screening untuk menemukan risiko diabetes mereka, kemudian mempelajari gaya hidup untuk mencegah mereka, serta memberikan lokasi fasilitas medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Memanfaatkan teknologi dari AiChat, dan database besar mengenai informasi perawatan diabetes dari Novo Nordisk, TanyaGendis dapat menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para penderita diabetes.

Integrasi Novo Nordisk dengan AiChat pun juga memungkinkan penderita untuk berkomunikasi dengan chatbot menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini TanyaGendis menggunakan fitur natural language processing (NLP) dan Deep Neural Networks yang memungkinkan chatbot untuk memiliki terus melakukan interaksi dan terus berkembang dari interaksi yang dilakukan.

Mitra Pengelola dari AiChat Indonesia, Sudono Salim pun menyampaikan bahwa transformasi digital mengalami akselerasi sejak pandemi. Semua industri, terutama layanan kesehatan kemudian bekerja secara cepat guna memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga penyembuhan dan penanganan bisa berevolusi.

“Teknologi AI dan akses terhadap informasi kemudian berada di garis depan untuk kebutuhan ini. AiChat merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan pemimpin layanan kesehatan seperti Novo Nordisk untuk mencegah dan membantu menangani diabetes menggunakan teknologi inovasi ini,” kata Sudono.

Novo Nordisk dan AiChat kemudian juga membuat komitmen untuk mengembangkan sektor pelayanan kesehatan dengan menggunakan model “healthcare + AI”. TanyaGendis juga menjadi bagian dari gelombang baru teknologi berbasis AI yang membantu penanganan penyakit kronis dan mendorong inovasi layanan kesehatan.

Pengguna yang ingin mengakses chatbot TanyaGendis untuk informasi kesehatan seputar diabetes, dapat mengirim kata ‘Hi’ ke nomor +62 812 8000 5858 melalui WhatsApp.


Bagikan artikel ini