Parkee Bersama Alfabeta Kembangkan Sistem Parkir Canggih Berbasis Teknologi AI


Artificial Intelligence New

Artificial Intelligence

Perusahaan pengelola perparkiran PT Centrepark Citra Corpora melalui anak usahanya yaitu platform Parkee (PT Inovasi Anak Indonesia) melakukan investasi ke perusahaan pengembang teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Alfabeta.

Direktur Utama PT Centrepark Citra Corpora Charles Richard Oetomo mengungkapkan, bahwa investasi ini membuka peluang kolaborasi terkait dengan upaya pembangunan sistem perparkiran berbasis AI yang siap bersaing di ranah global.

“Kami ingin menciptakan one stop solution untuk klien kami, seperti pusat perbelanjaan, airport, seaport, jadi mencakup berbagai identifikasi data baik kendaraan maupun penggunanya. Teknologi ini akan terus berkembang,” kata Charles dalam keterangan resminya, melansir dari Bisnis.com, Senin (5/9/2022).

Sementara Parkee sendiri merupakan platform layanan reservasi dan pembayaran parkir digital. Parkee pun sudah berpengalaman dalam pengelolaan berbagai area parkir gedung pencakar langit, area komersial, perumahan, hingga township di 50 kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, dan masih banyak lagi.

Parker mengklaim bahwa pemanfaatan teknologi AI akan memperkuat keunggulan yang dimiliki platform ini, di mana pengguna tidak perlu repot untuk menyiapkan uang tunai guna membayar lahan parkir. Setiap transaksi bisa langsung terhubung melalui aplikasi di smartphone pengguna, dan pembayaran bisa dilakukan melalui QRIS maupun e-wallet dengan mudah.

“Teknologi ini bukan hanya memberi manfaat bagi pengelola gedung, melainkan juga bagi pengguna parkir, yakni keamanan yang optimal. Setiap kendaraan yang masuk akan terdeteksi mulai dari plat nomor, jenis, logo, bahkan hingga warna kendaraannya, sehingga jika ada upaya mengganti plat nomor di area parkir bisa langsung terdeteksi,” ungkap CEO Alfabeta Taufiq Wibowo.

Taufiq pun menambahkan bahwa pihaknya telah memiliki kesamaan visi dengan Parkee dalam hal mengembangkan sistem perparkiran melalui inovasi baru yang memanfaatkan teknologi AI untuk pengelolaan yang lebih baik.

Maka untuk mendukung kebutuhan tersebut, Alfabeta pun memiliki sejumlah teknologi yang bisa mendukung Parkee seperti Automatic Number Plate Recognition (ANPR), Vehicle Detection, Counting & Tracking, hingga Object Detection.

“Kami melihat kebutuhan teknologi cukup besar di industri perparkiran. Maka dengan investasi ini, kami berharap Parkee dan Alfabeta bisa lebih berkembang lagi, bahkan tidak hanya menjawab kebutuhan di tingkat lokal, tetapi juga dunia,” tutup Taufiq.


Bagikan artikel ini