Pemda Jabar Luncurkan Aplikasi Telekonsultasi ‘Pikobar’ Berbasis Kecerdasan Artifisial


Distribusi Alat Medis Covid-19

Ilustrasi Distribusi Alat Medis Covid-19

Pemerintah Jawa Barat meurkan fitur telekonsultasi terbaru berupa aplikasi bernama Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) sebagai super apps untuk penanganan COVID-19 di Jawa Barat yang dapat melakukan telekonsultasi langsung dengan dokter secara online dan gratis.

Aplikasi Pikobar ini merupakan hasil dari kerjasama antara Pemerintah Daerah Jawa Barat denga Prixa, mitra layanan kesehatan digital Pikobar dalam upaya meningkatkan akses layanan kesehatan bagi warga Jabar.

Prixa menyediakan sistem periksa berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mencakup data dan informasi lebih dari 30 jenis penyakit dan 60 gejala penyakit terkait COVID-19, serta sistem layanan telkonsultasi yang dibantu dengan relawan dokter.

Fitur telekonsultasi ini dapat diakses melalui fitur Periksa Mandiri di dalam aplikasi dan website Pikobar. Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses pelayanan kesehatan secara langsung, dimana pun, kapan pun dengan cepat dan tidak memerlukan biaya, hanya dengan menggunakan jaringan internet.

“Pikobar dikembangkan sebagai upaya kami (Pemda Prov Jawa Barat) dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan dan penanganan COVID-19. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan mengunduh Pikobar ini sebagai acuan dan referensi penanganan COVID-19,” ungkap Setiaji, Kepala Diskominfo Jawa Barat dikutip dari pikiranrakyat.com, Senin (30/11).

Warga Jabar dapat dengan mudah menggunakan aplikasi layanan telekonsultasi ini melalui fitur-fitur yang telah disediakan, salah satunya adalah fitur Periksa Mandiri, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan periksa keluhan kesehatan melalui sistem periksa berbasis Artificial Intelligence dari Prixa untuk mendapatkan prediksi kemungkinan kondisi berdasarkan gejala yang dialami hanya dalam kurang dari lima menit.

Pikobar versi teranyar yang dirilis bulan ini, bisa digunakan untuk membantu pengguna melaporkan perkembangan kesehatan lebih dari satu orang yang sedang menjalani dalam satu aplikasi saja.

Selain terdapat fitur Periksa Mandiri, Telekonsultasi, dan Lapor Kesehatan untuk Orang Lain, aplikasi Pikobar versi 2.2.3 juga memiliki fitur unggulan lainnya, seperti fitur Data Jabar, Data Nasional, Cek Sebaran, Siber Hoaks, Fitur Pelacakan Kontak dan lainnya.

Aplikasi Pikobar merupakan inovasi Pemda Prov Jabar yang memiliki prinsip keterbukaan dan transparansi data. Pikobar telah direplikasi di kab/kota dengan nama berbeda dan mendapat apresiasi warga. Pikobar juga menjadi solusi digital bagi penanganan pandemi COVID-19 dan pelayanan kesehatan publik di Jawa Barat menurut IDC Digital Transformation Award 2020.