Peduli Dengan Keamanan Siber, Penyedia Layanan Cloud Dewaweb Berhasil Meraih Sertifikasi ISO 27001


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Penyedia layanan cloud Dewaweb berhasil meraih ISO 27001 standar untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi pertama di Indonesia. Berdasarkan data temuan Tim Cyber Security Operation Center (CSOC) Dewaweb, ancaman serangan cyber kini semakin tinggi, pintar, dan berbahaya.

Diketahui pada saat ini keamanan data sudah menjadi hal penting yang wajib diperhatikan di dunia siber. Sebagai penyedia hosting yang peduli dengan keamanan cyber, Dewaweb selalu berusaha untuk memastikan keamanan data pelanggan.

Ancaman ini muncul dalam berbagai bentuk, seperti malware, ransomware, bad bots, DDoS, phishing hingga exploits. Tercatat, setidaknya 6 juta data penduduk Indonesia bocor setelah penyerang menargetkan sistem komputer utama Kementerian Kesehatan RI pada Januari 2022.

Informasi seperti data jaminan sosial, jenis laboratorium dan perawatan medis, serta nama karyawan rumah sakit dilaporkan telah dibobol. Di bulan yang sama, terjadi pula dugaan kebocoran 3,5 juta data set keimigrasian, termasuk detail paspor WNA dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

Bahkan, ancaman serangan siber juga mulai menargetkan organisasi intelijen Indonesia, yaitu Badan Intelijen Negara (BIN). Meski serangan siber sudah mengutamakan target ke instansi pemerintah-pemerintah namun masih banyak perusahaan dan instansi pemerintah Indonesia yang belum memiliki Tim Siber Security Operation 24×7 yang kompeten dan siap menghadapi berbagai ancaman.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya kasus pencurian data dan pembobolan website yang semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Ini yang mendasari Dewaweb untuk membangun tim elit cyber security in-house yang disebut dengan “Dewaguard”.

Dikembangkan sejak awal tahun 2021, Dewaguard beroperasi selama 24 jam non-stop untuk melakukan monitoring, incident response, dan threat intelligence operation untuk melindungi infrastruktur cloud Dewaweb dan pelanggan, mulai dari sektor korporat hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan pengamanan khusus.

Selain menjadi penyedia cloud hosting lokal pertama yang mendapatkan sertifikat ISO 27001 di tahun 2017 lalu, Dewaweb kembali mengukir sejarah melalui Dewaguard.

Pada Juni 2022, penyedia cloud hosting asal Jakarta ini juga mendapat sertifikasi ISO 27001 untuk layanan Cyber Security Operation Center (CSOC) bagi perusahaan (enterprise) dan instansi pemerintah.

“Sejak awal bermula di 2014, Dewaweb selalu berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan cloud hosting terpercaya di Indonesia, terutama dari sisi keamanan data," ujar CEO PT Dewaweb, Edy Budiman melalui siaran pers yang dikutip Beritasatu.com, Kamis (11/8/2022).

Sertifikat ISO 27001 untuk Cyber SOC Dewaweb tersebut kata dia merupakan bukti bahwa penyedia layanan cloud lokal memiliki kualitas layanan dan keamanan dengan penyedia layanan cloud dari luar negeri. Bahkan layanan cloudlokal membuat biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan memberikan manfaat bisnis yang lebih besar.


Bagikan artikel ini