Pertamedika Gandeng Google Cloud Hadirkan One Solution System


Google Cloud

Google Cloud

PT Pertamedika IHC umumkan peluncuran sistem layanan kesehatan terintegrasi bernama One Solution System (OSS) di seluruh jaringan rumah sakit yang terdiri atas 73 rumah sakit BUMN. Sistem layanan ini pun merupakan hasil kerja sama dengan Google Cloud.

Sistem OSS yang dihosting oleh Google Cloud ini merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC serta menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak untuk inovasi teknologi perawatan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pasien dan memajukan penelitian di bidang medis.

Implementasi sistem layanan kesehatan yang terintegrasi ini didukung penuh oleh Google Cloud Indonesia melalui bantuan teknologi EBConnect. Hal ini akan membantu mulai dari pemeriksaaan rutin hingga pencitraan medis, terutama dengan industri pelayanan kesehatan yang sangat mengandalkan data untuk mendorong kualitas perawatan pasien.

“Kemampuan OSS Pertamedika IHC untuk menyelaraskan berbagai sumber data yang sebelumnya tersebar itu akan membantu para dokter membuat keputusan medis yang lebih baik dan memungkinkan kami untuk memajukan strategi inovasi digital dengan percaya diri dalam hal kepatuhan dan keamanan data,” kata dr. Fathema Djan Rachmat, Direktur Utama Pertamedika IHC dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Platform OSS yang dimiliki oleh Pertamedika IHC akan menjadi satu sumber terpercaya untuk informasi medis pasien dalam bentuk digital. Data tersebut termasuk alergi, penyakit, hasil pemeriksaan laboratorium, pengobatan, prosedur bedah, sekaligus data dari aplikasi telemedicine berbasis Android yang baru saja diluncurkan, IHC Telemed.

Membangun sistem OSS di Google Cloud kemudian juga membuat Pertamedika IHC dapat memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yanh aman, fleksibel, serta terhubung dengan luas untuk penerapan sistem OSS di seluruh jaringan rumah sakit secara nasional.

Melalui hubungan kemitraan ini, Pertamedika IHC akan memanfaatkan infrastruktur dari Google Cloud yang mengutamakan keamanan, strategi pertahanan yang mendalam, manajemen identitas secara komprehensif, keamanan jaringan, dan kemampuan mendeteksi ancaman dan merespon. Google Cloud area Jakarta pun akan membantu memenuhi regulasi pemerintah.

“Bekerja sama dengan Google, kami juga berkesempatan untuk mengeksplorasi bagaimana smart data analytics mereka, solusi kecerdasan buatan, bahkan Google Maps dan Youtube dapat membantu kami memajukan operasional dan layanan yang dapat ditawarkan rumah sakit kami kepada pasien,” tutur Fathema.

Melakukan digitalisasi terhadap data pasien serta hasil pengobatan melalui sistem OSS ini pun akan memberikan manfaat tambahan yang dapat membantu memajukan upaya dari Pusat Penelitian Digital Pertamedika IHC.

Meningkatnya pemanfaatan perangkat Internet of Things (IoT) serta aplikasi kesehatan digital, kemudian juga mendorong Pertamedika IHC untuk mengeksplorasi bagaimana solusi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) Google Cloud dapat mempercepat laju penemuan melalui algoritma data pasien yang telah disamarkan untuk mengungkap metode perawatan.

“Kami bangga menjadi mitra transformasi digital Pertamedika IHC dan dapat membantu organisasi rumah sakit yang berwawasan ke depan ini untuk menata kembali pelayanan kesehatan di sepanjang prosesnya. Melalui cara ini, kami juga dapat membantu meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” kata Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie.


Bagikan artikel ini