Perusahaan di Indonesia Diharapkan untuk Mulai Bertransformasi ke Cloud


Cloud Provider

Ilustrasi Cloud Provider

Solusi komputasi awan (cloud) terus berkembang di Indonesia seiring semakin meningkatnya layanan digital di berbagai sektor. Melihat prospek tersebut, PT Metrodata Electronics Tbk, mengumumkan perjanjian kerja sama strategis (SCA) dengan Amazon Web Services (AWS) dalam menghadirkan solusi cloud inovatif dan komprehensif bagi perusahaan-perusahaan atau organisasi di Indonesia.

PT Metrodata Electronics Tbk merupakan perusahaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang fokus pada solusi digital serta distribusi peranti keras dan lunak. Dalam kerja sama tersebut, Metrodata akan membangun satu gugus tim Cloud Center of Excellence (CCOE) bersama para profesional dari AWS untuk menghadirkan layanan terpadu dan andal bagi pengguna AWS di Indonesia.

Layanan berupa migrasi/modernisasi workload, Windows on AWS, SAP on AWS, VMware Cloud on AWS, database migrationdata analytics, serta cloud managed services/day 2 operations.

Direktur Metrodata Sjafril Effendi mengatakan, saat ini, perusahaan dituntut untuk menjadi makin gesit dalam mengapitalisasi pesatnya pertumbuhan ekonomi bangsa maupun di tingkat regional. Agar dapat berakselerasi, organisasi di Indonesia pun perlu mempercepat terwujudnya transformasi digital melalui pemanfaatan cloud.

“Sebagai salah satu AWS Advanced Consulting Partner, kami bangga dapat mendukung organisasi-organisasi dalam bertransformasi secara digital berkat kepiawaian dalam menghadirkan beragam layanan, seperti migration, Windows on AWS, databasesbig datadevops, hingga SAP on AWS,” ujar Sjafril, pada keterangannya Jumat (3/12/2021).

Menurut dia, Metrodata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapabilitas tim teknis maupun bisnis agar selalu dapat menghadirkan sebuah pengalaman cloud terbaik bagi klien.

Sjafril melanjutkan, transformasi digital sangat penting dilakukan oleh setiap organisasi, terlepas dari seberapa besar skala organisasinya agar sukses dalam berkompetisi dan tetap kompetitif di mata klien.

Cloud memainkan peranan penting dalam mengembangkan strategi transformasi digital di organisasi melalui dihadirkannya keamanan, kecepatan, keandalan, skalabilitas, dan layanan yang komprehensif agar mampu menghadirkan layanan inovatif dengan cepat,” imbuhnya.

Managing Director AWS Asean Conor McNamara menambahkan, delapan tahun sejak pertama kali bergabung dalam AWS Partner Network (APN), Metrodata memiliki peranan penting dalam turut mengakselerasi pengadopsian cloud di Indonesia.

“Dengan pengalaman yang luas di industri serta rekam jejak kepada pelanggan maupun dalam meningkatkan kecakapan di bidang AWS Cloud, Metrodata miliki peran amat penting dalam mendukung kesuksesan perusahaan pada beragam industri dalam mendukung transformasi, seperti layanan finansial hingga infrastruktur,” tutur Conor.

Perjanjian tersebut pun dinilainya merupakan bentuk keseriusan antara kedua belah pihak menapaki kesuksesan bersama, baik bagi AWS maupun Metrodata. Keduanya akan mengakselerasi kemitraan serta mendukung terwujudnya transformasi berbasis cloud bagi pelanggan di Indonesia dan pada fase pertumbuhan berikutnya.


Bagikan artikel ini