PointStar Ekspansi Pasar Cloud di ASEAN


Perusahaan teknologi asal Singapura, PointStar Pte Ltd memprediksi akan ada peningkatan besar terhadap permintaan produk dan layanan sistem cloud di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan meningkatnya tren penggunaan sistem cloud di perusahaan-perusahaan saat ini akibat adanya pandemi. 

Dengan mengadopsi sistem cloud, memungkinkan perusahaan mendorong pertumbuhannya, meningkatkan ketahanan operasional hingga menghemat biaya. Ditambah lagi sejak COVID-19 mewabah, perusahaan terdesak untuk melakukan transformasi digital dengan mengadopsi cloud dalam waktu yang singkat.

Chief Operating Officer (COO) PointStar Michelle Alphonso mengatakan bahwa PointStar melihat adanya kenaikan permintaan yang tinggi, bahkan belum pernah terjadi sebelumnya terkait produk dan layanan pada sistem cloud sejak pandemi ini. Perusahaan-perusahaan menyadari mereka harus mengubah dasar operasional bisnis mereka ke sistem cloud sesegera mungkin, sehingga dapat dioperasikan dari mana saja saat pemberlakuan Work From Home (WFH) kala pandemi.

Sebagai contoh, dengan sistem ERP yang telah berbasis cloud, perusahaan dapat mengaktifkan business continuity plan. Dengan demikian, sistem dapat diakses dari jarak jauh secara aman oleh karyawan yang sedang menerapkan WFH. Hal tersebut tentu sangat membantu bagi perusahaan maupun karyawan.

Perusahaan terdepan dalam teknologi cloud ini, juga berkolaborasi dengan NetSuite untuk mengakomodasi perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara yang melakukan adopsi sistem cloud. Kolaborasi tersebut menghasilkan produk Oracle Netsuite. Pointstar sendiri menjadi pelopor dalam bisnis Oracle NetSuite di wilayah Asia Tenggara.

Oracle NetSuite adalah sebuah platform bisnis berbasis cloud yang didalamnya mencakup ERP, Analytics, Customer Relationship Management (CRM), Commerce, email-marketing, Professional Services Automation and Human Capital Management. Dengan platform ini, memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menyederhanakan proses kerjanya secara real-time yang terintegrasi dengan aplikasi mobile.

Perusahaan PointStar juga telah meraih penghargaan Oracle NetSuite’s 2020 ASEAN Top Volume Partner dengan catatan angka tertinggi dalam implementasi di wilayah tersebut. Poinstar menjadi pemenang karena berhasil meningkatkan bisnis Oracle NetSuite menjadi tiga kali lipat pada FY 2020.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga menerima penghargaan ini sebagai sebuah legasi atas kepercayan yang diberikan oleh para pelanggan kepada kami dan kerja keras tim kami untuk membantu para pelanggan menggunakan Oracle NetSuite – pelopor Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud di pasaran,” kata Michelle dalam keterangan tertulisnya Sabtu, 8 Agustus 2020.

Beberapa tahun belakangan, perusahaan teknologi cloud ini mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini Pasar PointStar telah tersebar di di Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Michelle mengakui pihaknya telah banyak membantu perusahaan dan institusi dengan produk andalan mereka yaitu layanan cloud yang memiliki kapabilitas teknik otomasi, analitik dan kecerdasan buatan yang menjadikannya sebuah tempat kerja yang cerdas.

“Kami akan terus membantu para pelanggan menggunakan Oracle NetSuite – pelopor Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud di pasaran,” imbuh Michelle.

Pointstar memiliki tim yang telah berpengalaman dalam menangani operasi pada bisnis. Hal ini menjadi salah satu pondasi terbesar perusahaan, untuk membantu perusahaan lain dalam memberikan arahan, implementasi proses, pengaturan dan mengelola solusi cloud sesuai dengan kebutuhan klien. Selain Oracle Netsuite, PointStar juga menyediakan layanan end-to-end yang tentunya berbasis cloud seperti Google Cloud dan Cisco Meraki.