Primeskills Tawarkan Solusi VR Untuk Hadapi Pandemi COVID-19


 Ilustrasi VR Primeskills

Ilustrasi VR Primeskills

Masa pandemi COVID-19 saat ini membuat berbagai aktivitas mengalami kesulitan untuk dilakukan, terutama dengan adanya ketentuan untuk menjaga jarak. Namun di saat yang bersamaan, kondisi ini kemudian mendorong digitalisasi untuk industry 4.0.

Primeskills, perusahaan asli karya anak bangsa yang bergerak di bidang teknologi VR (Virtual Reality) ini menawarkan solusi VR untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19. Primeskills sendiri fokus memberi solusi di bidang pendidikan dan pelatihan.

“Primeskills ingin membantu mengakselerasi kemampuan edukasi Indonesia ke 4.0, ini adalah harapan kami dengan solusi VR,” tutur Randy Iswara, CMO Primeskills dalam Webinar Nasional Startup4Industry bertajuk “AR/VR untuk Making Indonesia 4.0”, Kamis, (15/10/2020).

Menurut Randy, teknologi VR sendiri dapat berkembang dan terakselerasi dikarenakan pandemi COVID-19. Ia menyebut, ada dua premis dasar untuk akselerasi ini, yaitu masa pandemi dan emerging techonology.

“Pandemi COVID-19 saat ini memberi perubahan pada kebiasaan kita, juga berbagai faktor. Emerging technology mungkin akan dibicarakan untuk 5-6 tahun ke depan, namun pandemi mengkselerasi teknologi VR sehingga VR menjadi diperlukan,” jelas Randy.

Berfokus pada bidang pendidikan dan pelatihan. Primeskills mengembangkan VR untuk belajar secara interaktif dengan model gamification atau pembelajaran seperti bermain game. Randy mengatakan, model ini tentunya lebih menyenangkan untuk melatih kemampuan di berbagai hal.

Teknologi gamification oleh Primeskills ini menunjukkan bahwa VR sudah berkembang ke arah yang lebih canggih. Randy bahkan mengatakan, VR bisa mencapai pembelajaran learning by doing atau belajar dengan praktik.

“VR bisa mencapai pengajaran lebih baik sebesar 75%, selain itu juga mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan pembelajaran. Pelatihan yang bisanya memakan 3-4 jam bisa dilakukan selama 20 menit saja dengan VR,” kata Randy.

Primeskills sendiri menyediakan dua solusi VR untuk  menghadapi masa pandemi COVID-19, yaitu pelatihan public speaking dan corporate training-banking. Keduanya merupakan solusi VR yang diharapkan membantu menghadapi kondisi saat ini.

Pada pelatihan public speaking, Primeskills memberi solusi VR untuk membantu pelatihan kurang efektif yang menggunakan aplikasi pertemuan daring. Primeskills mengembangkan VR di mana peserta bisa seolah-olah berhadapan dengn klien.

Public Speaking Training ini masih berupa showcase product, yang bisa dilihat penggunaannya di Youtube kami. Produk final dari VR ini akan segera kami rilis,” jelas Randy.

Selain pelatihan public speaking, Primeskills pun menawarkan pelatihan corporate, terutama dalam hal perbankan. Solusi VR ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelatihan corporate yang terhalang pandemi.

“Solusi VR corporate training ini saat ini sedang kami kerjakan bersama dengan salah satu bank terbesar di Indonesia sebagai klien kami,” pungkas Randy.