ROC9 Gandeng Microsoft, Hadirkan Layanan Cloud Computing


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Nawatech bersama dengan IDCloudHost secara resmi memperkenalkan Republic of Cloud9 (ROC9) dalam rangka menyambut HUT RI ke-77. Fasilitas ini merupakan layanan cloud computing atau komputasi awan yang dapat membantu pelanggan untuk membangun serta menjalankan aplikasi bisnis dan sistem digital mereka secara aman dan fleksibel.

Hal ini pun dilakukan untuk dapat mendukung ketahanan digital yang inklusif di Indonesia. ROC9 sendiri menggandeng Microsoft untuk menyediakan layanan cloud tersebut, dengan dukungan solusi dari Azure Hybrid Cloud untuk berbagai segmen usaha, mulai dari korporasi, pemerintahan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga startup.

Pada solusi cloud ini, terdapat pula solusi hybrid cloud yang dapat menggabungkan infrastruktur on-premise pemilik usaha dengan layanan cloud ROC9, serta dengan public cloud Azure dari Microsoft.

“Saat ini, cloud telah menjadi pusat transformasi digital yang membantu setiap organisasi dan institusi untuk tetap inovatif serta kompetitif,” kata CEO Nawatech & Founder ROC9, Arfan Arlanda dalam keterangannya, melansir dari Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Arlan pun menjelaskan bahwa dukungan ROC9 terhadap ketahanan digital inklusif di Indonesia sejalan dengan tema kemerdekaan Indonesia tahun 2022 ini, yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Dukungan ROC9 salah satunya adalah melalui ketersediaan akses terhadap layanan cloud yang terbuka untuk berbagai segmen industri, termasuk UMKM.

Selain itu, Arlan juga mengungkapkan bahwa pihaknya memahami UMKM memiliki kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

“Bersama Nawatech yang telah berpengalaman sebagai cloud system integrator, dan juga didukung Microsoft Azure sebagai cloud platform dengan reputasi inovasi dan fondasi keamanan yang kuat, kami bekerja sama untuk membangun ROC9,” tutur CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna.

Alfian menambahkan bahwa saat ini merupakan momentum paling penting bagi ROC9 untuk dapat memperkuat kontribusi terhadap ketahanan digital di berbagai sektor di Indonesia untuk mendukung ketahanan digital yang inklusif.

Teknologi cloud computing sendiri masih sering diasosiasikan dengan perusahaan berskala besar oleh sejumlah pihak. Padahal, cloud bersifat inklusif dan fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri. Selain itu, cloud kini juga dapat dihubungkan dengan fasilitas on-premise milik organisasi ataupun perusahaan.

Country Lead Azure GTM Microsoft Indonesia Fiki Setiyono menyampaikan, survei yang dilakukan Microsoft terhadap 500 responden menunjukkan bahwa 95 persen diantaranya setuju hybrid cloud penting untuk mendukung kesuksesan bisnis. Microsoft pun percaya bahwa hal yang sama juga berlaku untuk UMKM dan startup sebagai bagian dari ekonomi digital.

Oleh karena itu, Fiki mengatakan bahwa pihaknya senang menyambut kehadiran ROC9 yang dapat membantu untuk mewujudkan visi hybrid Microsoft di Indonesia. Visi tersebut berupa memberdayakan dan mendampingi Indonesia, termasuk UMKM dan startup dalam negeri untuk mendukung percepatan transformasi digital.

“Hal tersebut penting dilakukan untuk menciptakan ketahanan digital di Indonesia, yang selanjutnya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif dan mendorong kemajuan sosial ekonomi,” papar Fiki.

ROC9 sebagai layanan cloud sendiri memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya adalah infrastruktur cloud yang hadir di beberapa lokasi di Indonesia, serta layanan hybrid cloud yang selalu tersedia untuk korporasi, pemerintahan, edukasi, hingga UMKM.

Selain itu, ROC9 juga memiliki kontinum lengkap mulai dari on-premise, multi-cloud, edge, hingga disconnected scenarios untuk mendorong terjadinya inovasi di mana pun dan kapan pun oleh organisasi.

ROC9 memiliki keamanan siber pula, dengan notifikasi pembaruan patch secara berkala sesuai dengan kebutuhan keamanan. Pengaturan keamanan secara default juga membantu memastikan perlindungan dasar keamanan untuk pelanggan, terlepas dari lisensi cloud yang diambil.

Terakhir, ROC9 memiliki layanan yang terkelola untuk teknologi informasi dan cloud dengan lengkap. Layanan ini antara lain berupa konsultasi, support, hingga cyber security untuk kemudahan bagi semua pelanggan.


Bagikan artikel ini