RS MMC Bersama XL Axiata Hadirkan Layanan Smart Healthcare Berbasis IoT


IOT

Ilustrasi IOT

Rumah Sakit Metropolitan medical Centre (RS MMC) berkolaborasi dengan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions menghadirkan solusi Internet of Things (IoT) "Smart Healthcare" untuk memantau dan mendeteksi kondisi kebugaran seseorang di Wellness Centre Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di manapun dan kapanpun tanpa terhalang jarak dan waktu.

Penandatanganan kerja sama kedua pihak dilakukan oleh CEO Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS dan Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, Jumat (12/11/2021), di Jakarta.

"Kami selalu berusaha untuk menghadirkan value tambahan bagi seluruh pasien Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, yaitu salah satunya dengan solusi Internet of Thing (Iot) yang saat ini sudah tersedia. Dengan adanya perangkat Smart Healthcare di Wellness Centre, diharapkan pasien akan lebih aware pada kondisi tubuhnya masing-masing karena dapat memantau secara real time. Sehingga, pasien-pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan pada tubuhnya," kata Roswin melalui keterangan, Jumat (12/11/2021).

Selaras dengan motto utama Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre yaitu mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien, dengan adanya kerja sama pengembangan solusi Internet of Thing (IoT) bersama XL Axiata ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif.

Pasien nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap yaitu dengan pendampingan langsung oleh dokter spesialis Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre serta dilengkapi dengan fitur Smart Healthcare yang dapat memantau dan mendeteksi kesehatan pasien.

Bersamaan dengan momen ini, Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre juga memperkenalkan pelayanan terbaru, yaitu Wellness Centre. Tujuan utama dari layanan terbaru ini adalah meningkatkan derajat kesehatan para pasien dengan cara meningkatkan kebugaran, yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup seseorang serta meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dari seseorang.

Perangkat Smart Healthcare ini juga akan hadir pada Wellness Centre Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, yang nantinya akan digunakan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga saat mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien. Berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging track, disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Dr. Donny Kurniawan, Sp.KO (K) sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyatakan bahwa dibentuknya Wellness Centre ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang, yaitu dengan meningkatkan kebugaran tubuh.

“Wellness Centre hadir untuk menjadi solusi yang komprehensif bagi pasien untuk meningkatkan kebugaran sehingga kualitas hidup akan lebih baik dan mereka dapat menikmati, tak hanya di hidup masa kini namun juga kehidupan di masa tua.

Sejalan dengan misi tersebut, Feby Sallyanto sebagai Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata mengatakan,komitmen kami untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus kami lakukan, termasuk juga untuk masuk industri teknologi kesehatan.

"Smart Healthcare ini merupakan solusi IoT untuk kesehatan yang pertama di Indonesia, yang dibangun bersama oleh XL Axiata Business Solutions dan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre," ujarnya.

Dengan solusi IoT dan konektivitas yang kami sediakan, Smart Healthcare ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan sangat membantu Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre memantau kondisi seseorang secara cepat dan tepat. Smart Healthcare merupakan perangkat yang memantau kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, gerakan, dan titik lokasi pada saat yang bersamaan.

Semua sinyal tersebut secara terus-menerus dan secara instan akan diukur dan dianalisa lewat device yang sudah terintegrasi dengan platform IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kesehatan penggunanya dari waktu ke waktu.

Bagikan artikel ini