Ruparupa.com Gunakan Layanan Cloud AWS untuk Optimalisasi Inovasi Bagi Pelanggan


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Masa pandemi COVID-19 membuat bisnis e-commerce semakin berkembang dikarenakan permintaan pasar yang meningkat. Namun tren ini pun juga menghadirkan sejumlah tantangan bagi para penyedia layanan belanja dari rumah.

Tak terkecuali pula dengan Ruparupa.com yang berada di bawah Kawan Lama Group. Ronny Winoto, Chief Technology Officer Ruparupa.com menyampaikan bahwa ada tiga tantangan teknologi yang dihadapi oleh timnya, yaitu lonjakan traffic yang tidak bisa diprediksi, peningkatan permintaan bisnis, serta efisiensi biaya.

Ronny menuturkan jika tiga tantangan tersebut berlangsung secara berkepanjangan, maka tim TI akan mengalami kesulitan terutama dalam memonitor serta mempersiapkan sumber daya bagi setiap program yang mendatangkan traffic ini. Sementara di sisi lain, Ronny bersama timnya pun harus fokus pada upaya menyampaikan roadmap yang dapat memuaskan pelanggan.

Maka guna menjawab tiga tantangan tersebut, e-commerce yang memiliki lebih dari 67 ribu varian produk ini telah beralih ke layanan cloud computing dari Amazon Web Services (AWS). Infrastruktur yang digunakan pun termasuk server, data, aplikasi, serta keamanan.

“Kami sebenarnya memiliki banyak tantangan dalam hal teknologi, tetapi AWS ini mampu membantu kami menangani segala tantangan yang kami temukan,” tutur Ronny dalam keterangannya, melansir dari Warta Ekonomi, Jumat (6/8/2021).

Salah satu fitur komputasi awan dari AWS yang paling disukai oleh Ruparupa.com adalah AWS Auto Scaling, yang secara dinamis dapat mengalokasikan sumber daya komputasi. Rupa-rupa.com juga menggunakan Amazon CloudWatch yang disediakan AWS untuk dapat memonitor jika terdapat anomali pada aplikasi maupun sistem, serta AWS Cost Optimization.

AWS Auto Scaling sendiri bertugas untuk memonitor traffic dan melakukan penyesuaian kapasitas secara otomatis. Ronny menuturkan, kemampuan fitur ini dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit saja, bahkan mampu mencakup berbagai komponen layanan secara bersamaan.

Maka dengan keunggulan tersebut, Ruparupa.com kemudian tidak mengalami downtime dan aplikasi pun dapat tetap digunakan oleh pelanggan dengan nyaman tanpa adanya gangguan untuk mengakses e-commerce.

“Menggunakan AWS Auto Scaling, aplikasi Ruparupa.com mampu berjalan dengan stabil, dapat diandalkan pelanggan dan mengonsumsi biaya yang sangat efisien,” jelas Ronny.

Sementara dengan Amazon CloudWatch, Ruparupa.com dapat melakukan pengawasan atau monitoring terhadap infrastruktur dan aplikasi secara real time. Fitur ini dimanfaatkan untuk mendeteksi anomali atau error pada aplikasi secara cepat untuk menghindari komplain dari pelanggan.

Ruparupa.com juga memanfaatkan AWS Cost Optimization, yang membantu untuk menjawab tantangan mengenai efisiensi biaya. Fitur ini pun tidak hanya membantu mengenai kontrol terhadap biaya, tetapi juga melakukan optimalisasi biaya secara jangka panjang.

Ronny pun menuturkan bahwa penggunaan cloud ini secara keseluruhan juga dapat meningkatkan efisiensi kerja sehingga memungkinkan waktu penjualan menjadi lebih singkat. Ia pun mencotohkan fitur instant delivery yang dapat dikembangkan oleh timnya dalam waktu kurang dari dua bulan.

“Ruparupa.com berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik kepada customer. Di antaranya dengan menyediakan beragam produk yang inspiratif dan pengalaman berbelanja secara omnichannel,” ungkap Ronny.