SAP Bantu Industri Manufaktur Tingkatkan Transformasi Digital


Ilustrasi Industri 4.0

Ilustrasi Industri 4.0

Sebagai perusahaan perangkat lunak yang menyediakan solusi teknologi untuk proses bisnis, SAP telah membantu industri manufaktur Indonesia menjadi lebih gesit, tangguh, dan berkelanjutan melalui transformasi digital.

Inovasi dan solusi-solusi SAP membantu setiap pengambilan keputusan karena pengumpulan dan analisis data dapat berlangsung lebih cepat dan akurat, yang membantu perusahaan-perusahaan menjadi adaptif dengan situasi yang senantiasa berubah serta dapat bersaing di pasar global.

SAP juga terus mengembangkan teknologi terbaru seperti AI, machine learning, dan blockchain untuk terus dapat membantu sektor manufaktur dalam menjalankan transformasi digitalnya.

Hal ini turut mendukung inisiatif "Making Indonesia 4.0" yang diluncurkan pemerintah Indonesia di tahun 2018. Inisiatif pemerintah ini bertujuan untuk memodernisasi industri dalam negeri melalui pengenalan teknologi Industri 4.0 dan perluasan usaha kerjasama, serta menargetkan Indonesia menjadi Top 10 Global Economy pada tahun 2030.

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, mengatakan, "Selama lebih dari 25 tahun, SAP telah berkolaborasi dengan perusahaan manufaktur Indonesia untuk membantu mereka dalam perjalanan transformasi digital ini."

Salah satu perusahaan yang telah melakukan perjalanan transformasi digital dengan SAP sejak tahun 1996 adalah APP Sinar Mas, produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia. SAP telah berkolaborasi dengan APP Sinar Mas dalam transformasi ini, yang memungkinkan mereka membuat keputusan berdasarkan data dan mencapai tujuan keberlanjutan mereka.

Head of Transformation APP Sinar Mas, Alfian Lim, mengatakan, “Ketika kami pertama kali memutuskan untuk menjalani transformasi digital ini, kami yakin bahwa SAP adalah mitra yang tepat. Keahlian mereka dalam teknologi digital enterprise dan komitmen mereka terhadap keberlanjutan sejalan dengan visi kami untuk masa depan."

APP Sinar Mas sedang mengimplementasikan Proyek Garuda+, yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mengharmoniskan proses serta mempermudah pekerjaan dalam bisnis. Proyek tersebut implementasikan solusi SAP S/4HANA dan bermaksud mengubah APP Sinar Mas menjadi bisnis yang berkelanjutan, mengoptimalkan teknologi dan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas.

Solusi SAP S/4HANA telah memungkinkan APP Sinar Mas untuk bertransaksi dan menganalisis data bisnis secara real-time, memecahkan masalah kompleks lebih cepat dibanding menggunakan versi ERP sebelumnya.

Solusi end-to-end SAP akan membantu memungkinkan APP Sinar Mas beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan meningkatkan operasional mereka.


Bagikan artikel ini