Searce: Adopsi Cloud Computing di Indonesia Belum Mencakup Core Aplikasi


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Banyak perusahaan besar saat ini yang melakukan adaptasi teknologi cloud computing atau komputasi awan untuk mendukung upaya transformasi digital. Namun dalam proses adopsi cloud ini, perusahaan baru melakukannya pada aplikasi secondary hingga tersier.

“Mereka belum berani core aplikasi pindah ke cloud, karena masalah pengalaman. Mereka belum terbiasa dan belum percaya diri,” kata Country Manager Searce Indonesia Benedikta Satya dalam keterangannya, melansir dari TribunNews.com, Rabu (29/6/2022).

Searce sendiri merupakan perusahaan konsultan teknologi informasi yang menitikberatkan pada adopsi cloud computing. Benedikta memperkirakan, bahwa perusahaan yang sudah mulai menggunakan cloud di Indonesia sudah mencapai 50%, namun yang sudah memindahkan semua core aplikasi mereka baru sekitar 20%, sehingga peluang pasar bagi penyedia cloud masih besar.

Selain itu, Benedikta juga mengatakan bahwa berdasarkan pengamatannya tingkat penggunaan solusi cloud yang masih rendah ini berkaitan dengan rendahnya kesadaran akan manfaat yang diperoleh setelah mengadopsi cloud computing.

“Mereka masih beranggapan, pemanfaatan solusi cloud mahal, padahal kalau mau memulai kan bisa dari hal-hal kecil terlebih dahulu,” tutur Benedikta.

Benedikta melanjutkan, Searce dalam menawarkan solusi bagi manajemen tradisional enterprise masih harus bicara soal cloud dari dasar, mulai dari manfaat, fungsi, hingga perbedaannya dengan teknologi yang sudah ada.

Benedikta kemudian menuturkan bahwa kondisi yang ada di Indonesia ini kurang lebih sama dengan yang ada di India. Namun yang membedakan, India memiliki kesadaran tinggi untuk memanfaatkan teknologi baru yang berkembang dengan pesat.

“Mereka sangat mengikuti kecepatan perkembangan teknologi agar dapat menyambangi kebutuhan dari pelanggannya,” tutur Benedikta.

Sementara berkaitan dengan segmen UMKM, Benedikta mengungkapkan bahwa pihaknya masih berfokus pada memberikan edukasi bagi UMKM mengenai pentingnya penggunaan cloud untuk mendukung perkembangan bisnis mereka.

Searce sendiri sebagai perusahaan konsultan teknologi telah hadir di Indonesia sejak dua tahun lalu, dengan layanan yang meliputi solusi cloud, data analytics, machine learning, dan mendukung Google untuk memasarkan produk mereka seperti Google Map, Workspace, dan masih banyak lagi.


Bagikan artikel ini