Sediakan Solusi Pengelolaan, Dewaweb Hadirkan Layanan Dewacloud


Cloud Provider

Ilustrasi Cloud Provider

Kinerja seorang developer secara tak langsung dapat memengaruhi bagaimana produktivitas suatu bisnis atau perusahaan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Oleh karena itu, Dewaweb bekerjasama dengan salah satu divisi Virtuozzo, Jelastic, meluncurkan Dewacloud, yaitu Platform-as-a-Service (PaaS) yang menyediakan solusi pengelolaan aplikasi di cloud yang mudah dipakai untuk para developer dan DevOps. Diluncurkan pada 1 November 2021, Dewacloud memudahkan pengelolaan siklus pengembangan aplikasi dalam satu dashboard yang intuitif dan user friendly.

Salah satu tantangan yang sering dihadapi pengembang aplikasi adalah bagaimana membangun infrastruktur cloud yang mumpuni untuk melayani jumlah traffic yang besar.

Dengan Dewacloud, para pengembang aplikasi bisa membangun topologi infrastruktur cloud menggunakan high availability cluster hanya dalam waktu beberapa menit saja, jauh lebih cepat dibanding platform lain yang ada di pasaran saat ini.

Developer atau pengguna Dewacloud tak perlu takut soal biaya, karena sistem penagihan berdasarkan sumber daya cloud yang dipakai (pay per use). Potensi penghematan biaya cloud computing perusahaan dapat mencapai lebih dari 50 persen. Selain itu, teknologi Dewacloud juga memungkinkan pengguna untuk mengatur biaya yang dikeluarkan agar sesuai dengan budget masing-masing.

Dewacloud juga sudah mendukung teknologi container terbaru seperti Docker dan Kubernetes sehingga aplikasi apa pun bisa dijalankan di Dewacloud dengan mudah tanpa perubahan source code. Selain itu, sudah ada lebih dari 40 template aplikasi populer yang bisa di-install dengan cepat dari Dewacloud Marketplace hanya dalam satu klik saja. Seiring perkembangan teknologi pengembangan aplikasi yang mengarah ke multi cloud dan hybrid deployment, kompleksitas bisnis semakin bertambah dan biaya untuk pengembangan aplikasi semakin mahal. 

"Demi menjawab tantangan ini, Dewacloud bekerja sama dengan Jelastic menyediakan solusi platform cloud generasi terbaru yang membantu para Developers dan DevOps agar lebih mudah dan cepat dalam melakukan proses pengembangan dan pengelolaan aplikasi di cloud sehingga juga menghemat biaya untuk perusahaan,” kata Edy Budiman, CEO dari Dewaweb.

Ruslan Synytsky, Co-founder Jelastic sekaligus CTO Virtuozzo mengatakan kemampuan untuk memfokuskan pada project development dibanding infrastructure management, pengurangan jumlah tagihan cloud hosting, dan waktu pemasaran yang lebih cepat adalah sebagian manfaat yang akan didapat oleh perusahaan Indonesia yang menggunakan layanan PaaS Jelastic melalui Dewacloud.

"Kami memastikan para developer dan admin bekerja dengan teknologi dan tools yang mutakhir, dengan harapan hal itu akan memberikan hasil yang maksimal bagi mereka,” tutur Ruslan Synytsky, Co-founder Jelastic sekaligus CTO Virtuozzo.

Saat ini, layanan Dewacloud sudah tersedia di tiga lokasi data center premium di Indonesia (EdgeDC, SpaceDC, dan DCI Cibitung) dan di luar negeri ada di Equinix Singapore. Pelanggan bisa menggunakan region satu atau lebih untuk menjalankan aplikasinya. Lokasi region baru akan bertambah terus seiring dengan permintaan dari pelanggan.

Dari segi keamanan, pengguna juga tak perlu khawatir, karena layanan Dewacloud didukung oleh infrastruktur cloud dari Dewaweb yang sudah tersertifikasi ISO 27001, standar keamanan kelas dunia yang menjamin Confidentiality, Integrity dan Availability dari semua data pelanggan yang tersimpan. 

Selain itu, semua infrastruktur Dewaweb dan Dewacloud juga dimonitor oleh tim Security Operations Center 24x7 yang dilatih khusus untuk melakukan proactive security monitoring, incident response, dan threat intelligence dalam menghadapi berbagai serangan cyber.


Bagikan artikel ini