SpaceDC Akan Buka Data Center Tier III di Indonesia


Data Center

Ilustrasi Data Center

Pada masa yang akan datang, Indonesia yang telah memasuki masa revolusi industri 4.0 akan menerma lonjakan permintaan data center berskala besar. Teknologi seperti Komputasi Cloud, Big Data, dan Internet of Things (IoT) akan membutuhkan pemrosesan data berskala besar.

Maka dengan adanya kebutuhan tersebut, fasilitas data center yang bisa diandalkan, scalable, serta memiliki sistem keamanan yang tinggi sangat diperlukan oleh industri.

SpaceDC, partner data center visioner asal Singapura akan segera membuka data center Tier III di Indonesia. Menurut informasi yang diperoleh pada Selasa (3/11/2020), SpaceDC merupakan partner data center dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dalam merancang, membangun, serta mengoperasikan fasilitas-fasilitas data center di seluruh dunia.

Pencapaian partner data center asal negeri Merlion baru-baru ini adalah membawa revolusi data center generasi terbaru ke Indonesia melalui data center JAK2.

JAK2 merupakan fasilitas tier III yang berlokasi di Kalideres, Jakarta Barat dengan 1.45MW. JAK2 juga baru saja diakreditasi oleh Uptime, dan akan melakukan peluncurannya secara virtual pada 4 November ini.

JAK2 merupakan fasilitas data center yang memiliki desain dan infrastruktur yang inovatif dengan kemungkinan mendapat power usage efectiveness (PUE) yang luar biasa. Fasilitas ini memiliki PUE 1,3 yang dapat mengurangi biaya-biaya tidak perlu, mengurangi beban lingkungan serta memastikan 99,82 persen waktu aktif untuk penggunanya dengan gangguan minimum.

JAK2 juga merupakan satu dari sedikit data center yang memasang unit selective catalytic reduction (SCR) untuk menurunkan emisi karbon yang dihasilkan oleh pembangkit listriknya.

Selain mengurangi emisi karbon, JAK2 juga memiliki desain ramah lingkungan yang sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global yang secara khusus diatur dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.15/MENLHK/SETJEN/KUM.1/4/2019.

Fasilitas JAK2 menggabungkan keahlian global SpaceDC dengan ahli-ahli yang berasal dari dalam negeri sehingga dapat membawa revolusi data center generasi berikutnya ke pasar Indonesia. JAK2 yang memiliki desain ramah lingkungan juga bertujuan untuk menyediakan tempat nyaman bagi pekerjanya dengan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan hidup.