Taiwan Dukung Tenaga Medis dengan Implementasi AI dan Cloud


Distribusi Alat Medis Covid-19

Ilustrasi Distribusi Alat Medis Covid-19

Kesehatan di masa pandemi ini menjadi fokus utama yang wajib dijaga oleh masyarakat agar terhindar dari berbagai virus-virus yang sedang merebak. Institusi medis pun bekerja keras merawat kesehatan pasien mereka karena hal tersebut menjadi garis pertahanan pertama yang paling rentan menghadapi pandemi COVID-19 yang sangat meluas.

Director of Taiwan Trade Center, Tony Lin dalam acara “Taiwan-ASEAN Medical Device and Innovation Forum” mengungkapkan hal tersebut menjadikan Taiwan menggunakan keunggulan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bisa membantu tenaga medis dalam merencanakan transformasi digital kesehatan.

Dalam acara Taiwan-ASEAN Medical Device and Innovation Forum mengundang Mediland Enterprise Corporation, Crystalvue Medical Corporation, Taiwan Main Orthopedic Biotechnology Co., Ltd, Faspro System Co., Ltd, dan IEI Integration Corp. Untuk mempresentasikan produk perawatan kesehatan terbaru mereka, yang difokuskan pada inovasi dalam bahan dan peralatan medis.

Selain itu, Perusahaan perawtan kesehatan digital terkenal di Taiwan, Quanta Computer dalam mendukung produk kesehatan terbaru dengan memberikan keynote address serta berbicara rinci mengenai transformasi perawatan kesehatan digital Taiwan.

“Dengan berbagi pengalaman integrasi perangkat lunak dan perangkat keras, implementasi Artificial Intelligence (AI) dan membangun basis data cloud, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak peluang untuk kemitraan antara institusi medis di seluruh dunia,” ucap Tony Lin.

Dilansir dari Antaranews.com, Taiwan Main Orthopedic Biotechnology telah mengembangkan produk terbaru kesehatan mereka yaitu Foresee-X Smart Surgical Glasess Solution, perangkat pertama di dunia yang menerapkan teknologi augmented reality untuk operasi. Selain itu, Faspro Surgical Camera (Fasmedo FM-100) memberikan solusi untuk pencitraan dan perekaman medis.

Perusahaan Crystalvue juga mengenalkan produk kesehatan terbarunya yaitu Non-Mydriatic Auto Fundus Camera (NFC-700) yang berfungsi melacak retina secara otomatis untuk mendiagnosis masalah mata pasien dengan cepat. Mediland juga mengembangkan sterilisasi UVGI untuk menetralkan patogen di Rumah Sakit dan mengurangi infeksi kontak antara pasien dengan tenaga medis.

IEI Integration mengenalkan Body Temperature Monitoring Solution yang digunakan untuk sistem pengenalan wajah untuk dengan cepat mendeteksi suhu tubuh perseorangan atau sekelompok orang. Semua produk tersebut membuktikan bahwa teknologi mutakhir telah menciptakan aplikasi baru untuk bidang medis, memberikan layanan eksklusif bagi pasien.

“Di samping itu, COVID-19 membuat kita menyadari pentingnya mengubah perawatan kesehatan dan Taiwan Excellence akan terus memperkenalkan inovasi perawatan kesehatan baru dan berbagi lebih banyak produk perawatan kesehatan dengan pembeli global di masa mendatang,” tutup Tony.


Bagikan artikel ini