Telkom Bersama ALINDO, Kembangkan Smart PJU Berbasis LoRaWAN


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) dapat dikembangkan menjadi PJU cerdas sebagai bagian dari ekosistem smart city atau kota pintar. Sistem PJU pintar tidak hanya mendukung rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tetapi juga mudah dipantau secara jarak jauh.

Maka dalam rangka mengakselerasi digitalisasi untuk ekosistem smart city ini, Telkom menjalin kerja sama dengan Asosiasi Luminer Indonesia (ALINDO) untuk mengembangkan Smart PJU berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

PJU sendiri merupakan fasilitas penerangan jalan yang dibutuhkan untuk kenyamanan masyarakat beraktivitas di malam hari. Smart PJU kemudian menjadi penting untuk dikembangkan guna memonitor penggunaan dan pemanfaatan energi PJU, serta kemudahan untuk memonitor PJU yang rusak agar dapat segera diperbaiki.

“Lewat produk Antares yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, Telkom sebagai BUMN memberikan konektivitas, platform IoT (Internet of Things), dan pengembangan sensor yang dibutuhkan ALINDO dalam merealisasikan Smart PJU di Indonesia,” kata Deputi EVP DIigital Business Builder Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangannya, melansir dari Detik.com, Jumat (26/8/2022).

ALINDO merupakan asosiasi badan usaha yang bergerak di bidang produksi luminer. Kolaborasi ini kemudian akan melakukan berbagai tahapan untuk pengembangkan Smart PJU berbasis LoRaWAN, dengan uji coba di lab dan lapangan hingga dapat dikomersilkan.

LoRaWAN sendiri merupakan konektivitas tanpa kabel jarak jauh yang dapat memberikan konektivitas efektif dan efisien. LoRaWAN tidak memerlukan kartu SIM untuk dapat bekerja, sehingga meminimalisir risiko kerusakan benda akibat paparan cuaca di luar ruangan.

Komang kemudian menuturkan bahwa inisiatif Telkom bersama ALINDO ini merupakan bagian dari upaya pembangunan smart city. Hal ini karena secara layanan business to business (B2B untuk produk IoT pada konsumen tidak dapat dikerjakan sendiri oleh Telkom.

Oleh karena itu, Telkom memerlukan mitra dengan kompetensi andal di manufaktur tertentu, yang dalam hal ini adalah ALINDO dengan kompetensi produksi lampu untuk mendukung pengembangan smart PJU.

“Menurut saya, kerja sama antara Telkom dengan ALINDO adalah kerja sama strategis sebagai bentuk akselerasi implementasi Smart PJU yang masif di Indonesia,” pungkas Komang.


Bagikan artikel ini