Kolaborasi Telkom dan Huawei, untuk Masa Depan Digital Indonesia


Telkom Indonesia

Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah menjalin kesepakatan kerja sama strategis dengan Huawei, menggambarkan langkah serius dalam mengembangkan layanan dan solusi B2B (Business-to-Business). Kolaborasi ini mencakup eksplorasi peluang bisnis di bidang data center dan cloud. Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya, menyampaikan harapannya bahwa kerja sama ini akan membawa layanan digital cloud yang unggul untuk SME, enterprise, termasuk pemerintah.

 “Hal ini sesuai dengan inisiatif perusahaan untuk terus dapat memimpin segmen pasar B2B IT di Indonesia melalui strategi Five Bold Moves. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat mengakselerasi pengembangan talenta digital Indonesia untuk memperkuat bisnis dan komunitas lokal,” kata Budi, dikutip Selasa (19/12/2023). 

Menurut data dari IDC, pasar cloud computing di Indonesia mencapai Rp14,6 triliun pada tahun 2023, dengan potensi pertumbuhan hingga 20%-30% seiring dengan adopsi cloud computing yang terus meningkat. Transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah juga menjadi pendorong signifikan dalam pertumbuhan pasar ini.

IDC memproyeksikan nilai pasar cloud di Indonesia mencapai US$1,38 miliar pada 2025, menggambarkan potensi bisnis yang signifikan di sektor ini. Kolaborasi Telkom dan Huawei Indonesia akan mencakup dua pilar strategis, yakni kerja sama strategis B2B dan percepatan pembangunan keahlian TelkomGroup.

Dalam kerja sama B2B, Telkom dan Huawei Indonesia akan bersinergi dalam menerapkan teknologi terkini digital, cloud, dan data center. Transfer pengetahuan dan keahlian diharapkan dapat memberikan dampak positif pada bisnis B2B Telkom, meningkatkan pendapatan, dan menciptakan peluang baru untuk konglomerasi, pemerintah, dan usaha kecil-menengah (UKM).

Pada pilar kedua, fokus akan diberikan pada percepatan pembangunan keahlian melalui program pelatihan dan sertifikasi. Program ini akan memusatkan pada pengembangan keahlian digital dan inovasi, memastikan bahwa tenaga kerja Telkom Group siap menghadapi tuntutan transformasi digital.

CEO Huawei Indonesia, Long, mengatakan “Kami yakin, bersama-sama kita akan menorehkan tonggak penting lain dalam kerjasama strategis antara Telkom dan Huawei.” Ini mencakup pembangunan jaringan cloud cerdas yang berorientasi masa depan, mendukung implementasi strategi digital Indonesia. Long meyakinkan bahwa kerja sama antara Telkom dan Huawei akan menciptakan tonggak penting dalam transformasi digital dan kemajuan bisnis di Indonesia.


Bagikan artikel ini