Telkom Jamin Cyber Security Berjalan Baik untuk KTT G20 di Bali


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

PT Telkom Indonesia pastikan keamanan siber atau cyber security dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Hal ini pun ditegaskan oleh Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Herlan Wijanarko, yang menyebut Telkom tidak hanya mempersiapkan infrastruktur internet yang memadai, tetapi juga berfokus pada keamanan jaringan.

“Selain jaringan, baik area Bali backbone yang secara nasional maupun internasional, juga akses untuk menuju lokasi acara juga kita persiapkan dengan baik, dengan resiliensi. Terakhir, kita juga memastikan terkait cyber security,” kata Herlan dalam paparannya, melansir dari Republika.co.id, Senin (10/10/2022).

Herlan kemudian menuturkan bahwa penyediaan cyber security atau keamanan siber ini menggunakan solusi perlindungan siber terbaru, yaitu next generation firewall dan aktivasi anti-DDoS. Solusi ini kemudian disebut dapat memproteksi jaringan dari serangan siber.

Herlan juga memastikan kesiapan posko jaringan internet 24/7 penuh di lokasi acara. Telkom juga merekrut 320 orang teknisi dari berbagai level di Bali, dan 1997 orang secara nasional untuk mendukung penyelenggaraan internet selama KTT G20.

Kesiapan jaringan mobile juga menjadi perhatian Telkom Indonesia, khususnya untuk ketersediaan dan kualitas layanan broadband serta layanan roaming untuk para tamu yang datang dari berbagai negara.

“Jadi, kita sudah siapkan jaringan 4G maupun 5G di lokasi, ada di 19 kota, khususnya di Bali kesiapan ini sudah seratus persen untuk 4G dan 5G. Termasuk nanti akan ada khusus BTS 5G sebanyak 24 BTS, jadi saat ini ada 64 BTS 5G secara nasional. Jadi kita akan dukung di lokasi utama acara dengan 4G dan 5G, kemudian lokasi pendukung, termasuk fasilitas pendukung,” pungkas Herlan.


Bagikan artikel ini