Telkom Kembangkan Platform dan Konektivitas Khusus IoT


Gedung Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

Telkom Indonesia Tbk. berupaya untuk terus mengembangkan platform Internet of Things (IoT) untuk mendorong bisnis IoT. Pengembangan solusi IoT Telkom akan difokuskan pada sektor utilitas, transportasi, dan logistik.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menjelaskan IoT merupakan bagian dari digital platform, yaitu salah satu domain bisnis digital yang tengah fokus dikembangkan Telkom.

Pengembangan bisnis tersebut dilakukan dengan cara mengembangkan dua rantai nilai yang ada di IoT milik Telkom, yaitu bisnis khusus IoT (LoRaWAN) dan pengembangan platform IoT (Antares).

LoRaWAN merupakan teknologi transmisi data jarak jauh untuk perangkat IoT yang dikembangkan oleh Telkom. Teknologi ini memiliki keunggulan hemat baterai dan berjalan di frekuensi 920-923 MHz.

Salah satu solusi IoT Telkom yang telah menggunakan LoRa adalah pemantauan level kedalaman air, misalnya, dalam sebuah tangki. Sensor akan memonitor level air secara periodik untuk kemudian dilakukan analisa. Jika ada tangki yang kekurangan air, pengisian akan cepat dilakukan melalui informasi yang dikirim via ponsel atau PC.

Reza menambahkan pad atahun ini Telkom juga akan terus membuat komunitas IoT dengan cara mengembangkan solusi dan inovasi bersama universitas terkemuka.

Telkom juga akan berkolaborasi dengan para perusahaan rintisan serta bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang terlebih dahulu mengembangkan bisnis IoT di luar negeri.

Menurut Reza bahwa tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis IoT saat ini adalah proses panjang untuk implementasi teknologi IoT. Pelanggan perlu merasakan pengalaman dan manfaat yang ditawarkan oleh IoT tersebut sehingga dibutuhkan mekanisme bukti konsep atau proof of concept.


Bagikan artikel ini